Review Laptop Lenovo V330-14ARR Ryzen 3: Siap Dibawa Ke Mana Saja

laptop lenovo v330-14arr ryzen 3

Kalau kamu mencari laptop bisnis murah, mungkin kamu boleh melirik Lenovo V330-14ARR yang memakai AMD Ryzen 3. Laptop ini punya desain yang menarik dan beberapa fitur mengejutkan.

Laptop Lenovo V330-14ARR ini masuk ke dalam kategori SMB (Small to Medium-sized Business) laptop. Dengan begitu, laptop ini memiliki standar fitur yang lengkap.

Desain dan Bodi

Desain minimalis

Laptop ini memiliki penampilan yang minimalis. Dibanding dengan laptop lain jaman sekarang, penampilannya mungkin terlihat sedikit “kuno”. Karena bentuknya yang cenderung boxy (kotak) dan bingkai di sekitar layar yang cukup tebal (sekali lagi dengan dibanding layar bezel-less masa kini).

Di sisi lain, bentuk itu juga mengingatkan kita pada desain khas ThinkPad. Warna abu-abu gelap dan pola brush hairline di permukaan tutup laptop juga memberi kesan elegan. Yah, namanya juga laptop bisnis. Secara keseluruhan saya suka dengan penampilan laptop ini. Bobotnya pun relatif ringan.

Layar

Lenovo V330-14ARR Ryzen 3 ini memiliki layar 14 inci dengan resolusi HD (1366×768), refresh rate 60Hz, dan punya anti-glare. Seperti sudah disebut di atas, ada bingkai cukup tebal di sisi layar. Tapi kalau kamu tidak terlalu peduli dengan tren bezel-less, hal ini bukan masalah. Lalu perlu saya sebut juga kalau laptop ini belum mendukung touch screen.

Pada umumnya, layar monitor bisa memberi tampilan gambar dengan warna yang cerah dan enak dilihat. Walau begitu, sudut pandangan ke layar cukup terbatas. Seperti pengalaman pada Vivobook X505Z, kalau kita melihat layar dari sisi samping, terlihat bias di layar. Warna di layar tidak tampil maksimal.

Keyboard dan Touchpad

Keyboard laptop ini hadir dengan format standar. Ketika dipakai keyboard terasa ringan dan cukup responsif. Lumayan enak untuk mengetik. Sayangnya tidak ada lampu di balik keyboard (backlit).

Sedangkan touchpad yang ada, menurut saya sedikit kurang responsif. Lalu sejauh yang saya pakai, saya tidak menemukan program untuk mengatur gestur untuk touchpad. Misalnya, kita masih harus berkutat dengan pola lama klik kanan, bukan tekan dua jari untuk memunculkan pop-up menu.

Fitur Lain

Walau Lenovo V330-14ARR Ryzen 3 ini termasuk laptop bisnis murah, kamu bisa menemukan beberapa fitur menarik di dalamnya. Fitur yang bagi saya cukup mengejutkan.

Colokan Lengkap

Sebagai laptop bisnis, sudah sepatutnya kalau laptop ini memiliki colokan yang lengkap. Kamu bisa menemukan card reader 4-in-1, colokan audio 3,5mm, USB Type-C, USB biasa, colokan DC, VGA, Ethernet 1000M LAN, dan HDMI. Dengan kelengkapan ini, kamu bisa lebih percaya diri pada kompatibilitas dengan perangkat lain.

Bisa Dibuka 180º

Layar laptop ini juga bisa dibuka sampai 180º alias sampai mendatar di atas meja. Fitur ini berguna kalau kamu ingin membahas sesuatu dengan klien atau teman. Sayangnya, bagian layar cukup ringan. Jadi saat digerakkan (dibuka-tutup) berkesan agak ringkih. Asal berhati-hati kelihatannya tidak jadi masalah.

Penutup Webcam

Fitur satu ini merupakan salah satu fitur yang paling menarik. Laptop Lenovo ini punya pengaman kamera dalam bentuk cover fisik. Kamu bisa membuka tutup permukaan lensa dengan kenop. Kalau kamu kuatir dengan isu pelanggaran privasi melalui tangkapan webcam laptop, fitur ini akan membuatmu lebih tenang.

Slot Tersembunyi

Slot tersembunyi di bagian bawah

Laptop ini memiliki slot tersembunyi di bagian bawah. Slot ini bisa berguna untuk beberapa skenario. Kamu bisa memakainya untuk tambahan modul baterai (Weight Reduce Module ~ 6 jam daya) atau baterai UltraBay (~ 14 jam daya).

Yang menarik, kalau kamu memilih memakai modul baterai WRM, kamu juga bisa menggunakan perangkat USB seperti untuk wireless mouse atau perangkat USB untuk otentikasi keamanan. Artinya, kamu bisa memakai aksesori lain tanpa mengganggu colokan USB di bagian luar.

Performa

Laptop Lenovo V330-14ARR yang saya pakai ini menggunakan prosesor AMD Ryzen 3 2200U dengan GPU Radeon Vega 3, RAM 4GB dan kapasitas penyimpanan 1TB HDD.

Spesifikasi di atas memang menunjukkan kalau laptop ini bukan termasuk dalam kategori high-end atau yang memiliki performa canggih. Namun memang laptop ini dibuat bukan untuk keperluan performa tinggi seperti main game (walau di dalamnya ada beberapa game bawaan seperti March of Empire).

Sebagai laptop SMB, Lenovo V300-14ARR dibuat untuk bisa memenuhi kebutuhan pekerjaan sehari-hari dengan cepat dan fleksibel. Hal ini juga terlihat dari fitur yang sudah disebut di atas. Performa untuk menyelesaikan pekerjaan sehari-hari pun memang memadai.

Baterainya juga lumayan awet. Tapi kamu harus mengatur setelan jangka monitor dan komputer aktif saat memakai baterai. Kalau kamu memakai setelan monitor yang cerah dan memakai terus menerus, efek pemakaian daya cukup terasa.

Kemudian, baterai ini juga mampu bertahan lama walau laptop tidak dimatikan, hanya dalam kondisi sleep (ditutup layarnya). Saya termasuk jenis orang yang terbiasa jarang mematikan laptop (Paling cepat 1 hari sekali. Macbook saya dulu biasanya saya restart 1 kali dalam 2 minggu). Dipakai dengan cara seperti ini, laptop Lenovo V330 ini bisa sehari penuh bertahan (dengan pemakaian aktif ± 5 jam tidak non-stop). Laptop ini pun memiliki fitur rapid charge untuk pengisian daya lebih cepat.

Oya, perlu saya sebutkan juga kalau laptop Lenovo V330-14ARR Ryzen 3 yang saya pakai ini hadir dengan sistem operasi Windows 10 PRO 64bit, dan memiliki harga sekitar ± Rp5.500.000.

Ringkasan
Lenovo V330-14ARR Ryzen 3 adalah laptop bisnis murah dengan desain elegan, performa memadai, dan colokan lengkap.
Pros
Desain Elegan
Performa cukup baik di kelasnya
Cons
Touchpad kurang responsif
Layar "cuma" HD dan kurang memukau
3.5