Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Rilis Bareng Xiaomi 13, Berbagai Fitur MIUI 14 yang Spektakuler Siap Manjakan Mi Fans!

fitur miui 14
Sumber: The Verge
Indri Penulis

MIUI 14 rilis bareng Xiaomi 13. Berbagai fitur MIUI 14 yang spektakuler siap manjakan Mi Fans! Apa aja fiturnya? Yuk, kita lihat.

MIUI 13 rilis tahun lalu dan membawa berbagai perubahan yang cukup signifikan. Apalagi dalam hal desain dan visual interface yang ia sajikan.

Nggak terasa sudah satu tahun setelah MIUI 13 rilis. Sekarang penerusnya, MIUI 14 resmi hadir untuk memanjakan Mi Fans. Skin Android terbaru Xiaomi ini datang berbarengan dengan rilisnya jajaran Xiaomi 13 Series pada 12 Desember lalu.

Nah sebagai Mi Fans, kamu pasti penasaran dong. Kira-kira apa aja fitur MIUI 14 terbaru yang disajikan oleh Xiaomi kali ini. Oke dari pada kamu penasaran, mending langsung aja simak ulasan saya berikut ini.

Jajaran Fitur MIUI 14 Terbaru yang Spektakuler

Adanya Peningkatan Sistem Secara Signifikan

MIUI 14 adalah skin Android berbasis Android 13. Dibanding MIUI 13 tahun lalu, skin ini menawarkan peningkatan sistem yang sangat signifikan.

Skin ini menawarkan peningkatan kelancaran sistem sebesar 88%. Selain itu ia juga lebih hemat daya 16%, dan juga memiliki ukuran sistem 23% lebih kecil dibanding MIUI 13.

fitur miui 14
Sumber: Mi

Saat ini MIUI 14 mendukung ponsel yang menggunakan chipset Snapdragon 8 Gen 1, Snapdragon 8 Gen 1+ dan Snapdragon 8 Gen 2.

Beberapa ponsel yang mendapatkan skin ini adalah Xiaomi 13 Series, Xiaomi 12 Series, Xiaomi 11 Series Xiaomi MIX Fold 2, Redmi K50 Ultra, dan Redmi K50G.

Desain Interface Lebih Fresh

MIUI 14 menyajikan desain interface yang jauh lebih fresh. Skin ini hadir dengan tampilan yang lebih ringan, cepat dan stabil. MIUI 14 juga turut memperkenalkan bahasa desain baru yakni MIUI 14 Changelog.

Baca Juga:  Fitur Mirip Dynamic Island iPhone 14 Pro Bisa Hadir di HP Xiaomi

Ada juga fitur anyar seperti Super Ikon. Fitur ini bisa bikin layar beranda ponsel terlihat lebih bagus dan pas. Dengan Super Icon, Mi Fans bisa memilih empat ukuran ikon yang berbeda.

fitur miui 14
Sumber: Mi

Menariknya, Mi Fans juga bisa menghias ikon yang mereka pilih sesuai selera. Contohnya dengan menambahkan avatar kucing atau yang lainnya supaya layar beranda lebih menarik.

Fitur MIUI 14 yang lain adalah hadirnya widget baru. Ada juga fitur folder yang bisa dikustom, dan berbagai perubahan desain lainnya ke sistem.

Peningkatan Fitur Privasi Biar Lebih Safety

MIUI 14 juga menghadirkan peningkatan dari segi privasi. Kini MIUI 14 telah menghadirkan peningkatan pengoperasian pada perangkat untuk menjaga aktivitas lebih pribadi.

Selain itu, Xiaomi juga mengklaim bahwa MIUI 14 akan sepenuhnya bergantung pada komputasi lokal. Mencakup lebih dari 30 skenario sistem, termasuk pengenalan gambar, ekstraksi teks dari foto, subtitle untuk panggilan video, perekaman dan terjemahan, dan masih banyak lagi.

Hanya Fitur XiaoAi AI Assistant 6.0

Sesuai namanya, XiaoAi AI Assistant 6.0 adalah asisten vertual besutan Xiaomi khusus untuk MIUI 14. Di versi 6.0 ini, asisten virtual tersebut dibekali fitur-fitur baru yang lebih seru.

svg%3E
Sumber: Mi

Contohnya XiaoAi AI Assistant 6.0 sekarang punya fungsi rekomendasi baru. Fungsi ini akan mempelajari kebiasaan pengguna dan secara aktif menyajikan pintasan ke kode pembayaran dan transportasi di muka.

XiaoAi AI Assistant 6.0 juga menawarkan peningkatan multifungsi untuk penjadwalan, smart home, perjalanan, dll. Tapi sayangnya, sepertinya fungsi di atas baru tersedia untuk pengguna China.


Jika kamu ingin memberikan pertanyaan atau masukkan, silakan tulis di kolom komentar atau kirim  email  ke [email protected]