Riset Microsoft: Warganet Indonesia Paling Tidak Beradab di Asia Pasifik

Mengejutkan (atau tidak?). Berdasar riset Microsoft soal tingkat Keadaban Digital (Digital Civility), warganet Indonesia merupakan yang terburuk alias tidak beradab di wilayah Asia Pasifik selama masa pandemi.

Dalam lima tahun terakhir ini, Microsoft secara rutin mengadakan studi Keadaban Digital. Tiap tahun, Microsoft selalu mempublikasikan hasil studi tersebut.

Pada bulan Februari 2021, Microsoft mengumumkan hasil dari studi “Civility, Safety, and Interactions Online – 2020” bersama indeks Keadaban Digital (Digital Civility Index / DCI). Laporan itu bisa dilihat secara umum atau tiap negara berdasar wilayah (Amerika, Eropa, Asia Pasifik, dan Timur Tengah & Afrika).

Wilayah Asia Pasifik sendiri mencakup 9 negara, yaitu: Australia, India, Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, Taiwan, Thailand, dan Vietnam.

Dari studi itu, warganet Indonesia mengalami penurunan keadaban sebanyak 8 poin. Sehingga tingkat keburukannya naik jadi 76 poin. Menariknya, laporan Microsoft menyebutkan penurunan 16 poin dari orang dewasa, sementara tidak ada perubahan dari remaja (Boomer! ups…).

Penurunan itu membuat Indonesia duduk di posisi terbawah di Asia Pasifik dan di peringkat 29 dari total 32 negara. Sementara Singapura dan Taiwan masuk dalam 5 besar dunia dengan poin paling bagus.

Peringkat Keadaban Digital di Asia Pasifik

NegaraDCIPeringkat
Singapura594
Taiwan615
Australia627
Malaysia6310
Filipina6613
India6818
Thailand6919
Vietnam7224
Indonesia7629

Bila dilihat dari skala perkembangan selama 5 tahun belakangan, Indonesia memang mengalami penurunan drastis. Yah, penurunan kualitas perilaku ini juga nampak dari beberapa negara lain, seperti Inggris, Australia, dan Perancis.

Yang tidak kalah menarik, responden global secara umum menyatakan kalau kondisi online justru lebih baik selama pandemi. Tentu karena di masa sulit ini orang cenderung saling membantu dan punya rasa kebersamaan lebih besar. Jadi, lebih minim haters.

Kalau kamu ingin membaca laporan Keadaban Digital dari Microsoft lebih lengkap, kamu bisa mengunjungi situs resmi.

%d blogger menyukai ini: