Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Lucu dan Mirip Aslinya. Inilah Robot Groot Buatan Disney!

Indri Penulis

Disney akhirnya berhasil menciptakan sebuah robot bipedal dari karakter Groot. Robot ini terlihat lucu dan benar-benar mirip seperti Groot asli!

Laboratorium R&D Disney, umumnya dikenal sebagai tim Imagineering yang sering melakukan berbagai hal menakjubkan dengan robot.

Baru-baru ini, tim tersebut juga berhasil menciptakan sebuah robot bipedal dari karakter kesayangan sejuta umat, Groot. Dari pada penasaran, yuk langsung saja kita lihat robot buatan Disney!

Penampakan Robot Disney Groot yang Menggemaskan

Penampakan robot pintar ini pertama kali ini diungkapkan oleh Matthew Panzarino dari TechCrunch (via The Verge). Panzarino membagikan sedikit detil soal robot ini.

Panzarino mengungkapkan bahwa robot Groot dengan nama kode ‘Project Kiwi’ ini adalah bagian dari upaya jangka panjang perusahaan, untuk mengembangkan aktor robot otonom di taman hiburannya.

Agar berhasil menciptakan robot ini, engineer di perusahaan rela menghabiskan waktu bertahun-tahun (sejak 2018) untuk menciptakan platform robotika bipedal yang bisa berdiri sendiri, sehingga mampu memberikan sokongan daya pada Groot.

Gaya berjalannya mulus, lengannya terayun seperti aslinya dan kakinya tumbuh secara realistis. Tubuhnya bergoyang persis seperti yang semua orang harapkan. Tidak ada cara lain untuk mengatakannya, ia berjalan!” kata Panzarino soal robot Groot.

Karakter berukuran kecil ini memiliki tekstur yang akurat pada wajah, tangan dan kakinya. Ia mengenakan setelan baju penerbangan berwarna merah, yang mungkin mengingatkanmu pada filmnya dulu. Dan.. Matanya dengan ekspresif menatapkan ketika melambai,” lanjutnya.

Lebih lanjut, TechCrunch mencatat, robot ini hanya punya satu kabel untuk mengirimkan instruksi langsung. Ia juga memiliki masa pakai baterai 45 menit dan speaker internal untuk berinteraksi dengan manusia di sekitarnya.

Baca Juga:  Disney Tunjukkan Teknologi Merubah Umur Aktor Secara Digital, Weh Gimana Konsepnya Tuh?!

Untuk saat ini, Disney sepertinya belum siap mengenalkan Project Kiwi-nya ke acara meet and great di Walt Disney World. Seperti yang diutarakan Panzarino berikut ini:

Saya tidak berharap melihatnya dalam waktu dekat. Masih banyak pekerjaan yang harus dilakukan tentang cara Kiwi bekerja dan berinteraksi dengan orang-orang. WDI juga belum punya rencana untuk segera meletakkan robot itu di taman.

Di sisi lain, mungkin tidak ada salahnya untuk ‘berharap lebih’ ke Project Kiwi Disney. Setidaknya, proyek ini terlihat lebih menjanjikan dibandingkan robot-robot bipedal buatan Disney dulu, yang dikenal ‘rapuh dan belum bisa diandalkan’ di dunia nyata.