Keren! Robot Ini Susun 100.000 Kartu Domino Jadi Super Mario Dalam 24 Jam!

Percaya nggak kalau ada robot yang bisa menyusun 100.000 kartu domino jadi mural Super Mario dalam waktu singkat? Ada lho. Cek di sini deh.

Kecanggihan robot setiap tahunnya selalu mengalami perkembangan yang sangat pesat. Kalau dulu gerakan robot masih terbatas, sekarang sudah beda jauh.

Zaman sekarang, ada robot cerdas yang bisa membantu pekerjaan orang. Contohnya robot rumah sakit yang diprogram untuk mengantarkan makanan dan obat untuk pasien COVID-19. Ada juga robot yang dibikin mirip hewan peliharaan.

Tapi kali ini saya nggak akan bahas robot seperti itu. Kali ini saya mau memberi tahu kalian, kalau baru-baru ini ada robot yang bisa menyusun 100.000 kartu domino  jadi mural Super Mario dalam waktu singkat lho!

Jadi robot ini diciptakan oleh seorang insinyur sekaligus YouTube, Mark Rober. Robot tersebut diberi nama “Dominator.”

Untuk menyusun 100.000 domino menjadi mural Super Mario, robot ini cuma butuh waktu 24 jam. Penasaran gimana dia bisa melakukannya?

Jadi si Dominator ini langsung meletakkan 300 kartu domino sekaligus, dalam sekali rangkaian. Ratusan kartu domino itu lalu ia letakkan ke dalam robot lainnya.

Sumber : The Verge

Agar navigasi robot bisa berjalan dengan baik, sebagian besar sistemnya menggunakan GPS. Sedangkan untuk bisa menyelaraskan posisi domino dengan benar, tim Mark Rober memakai kamera dan sistem penanda untuk menguji apa yang mereka sebut sebagai ‘masalah sentimeter terakhir.’

Rober sendiri mengatakan dalam video-nya bahwa, versi Dominator saat ini adalah buah dari kerja keras dia dan timnya selama bertahun-tahun. Untuk sampai ke tahap ini, Rober telah mengalami fase jatuh bangun yang nggak terhitung.

Buat menguji robotnya, Rober nggak mau sendiri. Dia turut menggandeng artis domino dan YouTuber Lilu Hevesh untuk bertindak sebagai lawan manusia untuk Dominator. Kamu bisa nonton video-nya di bawah ini.

%d blogger menyukai ini: