Zenbook 14 UX425 banner
Zenbook 14 UX425 banner
Zenbook 14 UX425 banner

Rocket League Sideswipe: Lebih Seru Dari Yang Diduga

rocket league sideswipe art
Anom Penulis

Game “Rocket League Sideswipe” sudah tiba di perangkat Android dan iOS. Permainan sepak bola mobil ini mengambil pendekatan berbeda dari game aslinya. Tapi apakah masih tetap menarik?

Jujur, ketika mendengar pertama kali kalau game ini akan hadir di smartphone, saya agak tidak yakin. Yah, terutama karena permainannya memakai tampilan side-scrolling alias dari samping. Berbeda dari versi aslinya yang punya tampilan third-person.

Ketika game ini rilis, saya pun mencobanya.

Gameplay “Rocket League Sideswipe”

Ada tiga mode permainan yang tersedia di game ini. Yaitu Duel (1v1), Doubles (2v2), dan Hoops (2v2). Duel dan Double merupakan permainan sepak bola, sementara Hoops adalah basket.

Kamu bisa memilih salah satu atau ketiganya sekaligus. Kalau pilih tiga-tiganya, kamu bisa mendapat mode permainan secara acak. Tiap pertandingan sendiri hanya berjalan 2 menit. Jadi termasuk game durasi pendek.

Permainannya cukup sederhana. Sama seperti sepak bola dan basket, siapa yang mencetak skor paling banyak itulah yang menang. Yang seru adalah kamu melakukannya sambil terbang dan melakukan gerakan akrobatik.

Kontrol

Selama permainan kamu akan sibuk mengontrol mobil untuk mencetak gol. Selain tuas untuk mengontrol gerakan di sebelah kiri, ada dua tombol di sebelah kanan. Yang bergambar mobil untuk melompat, dan yang bergambar api untuk melaju, bahkan terbang (perhatikan indikator power yang ada di atas mobil).

Kombinasi gerakan melompat dan melaju bisa membuat mobil berputar alias salto. Gerakan akrobatik ini berguna untuk menembak bola ke gawang lawan atau menahan serangan lawan.

Tapi ternyata toh tidak semudah itu. Perbedaan tenaga dan kecepatan saat bergerak cukup menantang kontrol yang baik. Terutama menemukan momen yang tepat untuk menembak atau menahan bola.

Sistem Ranking

Seperti permainan kompetitif lain, ada sistem ranking di sini. Yang menarik, naik turun ranking tidak berdasarkan menang kalah semata. Kalau kamu kalah lebih banyak dari kamu menang, baru kamu turun ranking.

Sistem permainan dan ranking di game ini lumayan fair. Karena kalau kamu jago dan rekan satu tim noob, kamu tetap bisa menang. Lalu, kalau kalah juga tidak langsung turun. Jadi nggak terlalu bikin jengkel (halo “Pokemon Unite“).

Kosmetik dan IAP

Sejauh ini, belum terlihat ada pembelian dalam aplikasi (IAP) di dalam game ini. Pembelian item masih menggunakan koin dalam game, dan belum ada pembelian koin di toko dalam game. Begitu juga untuk Rocket Pass. Belum ada sistem berlangganan sampai saat ini.

Toh, berbagai item yang tersedia di toko dalam game hanya bersifat kosmetik semata. Seperti topi, ban, “asap” dari knalpot, atau ledakan ketika kita membuat gol. Semoga saja tetap begitu (tidak pay to win) walau nanti ada IAP.

Tidak Mengecewakan

Sampai sejauh ini, game “Rocket League Sideswipe” tidaklah mengecewakan. Secara keseluruhan permainan butuh skill dan cukup menantang, tapi nggak bikin jengkel dan memungkinkan cepat move on ke permainan selanjutnya.

Kamu yang suka dengan game multiplayer berdurasi pendek layak mencobanya. Lumayan buat selingan hiburan di antara kesibukan lainnya.


Release Date
15/11/2021
Judul
Rocket League Sideswipe
Deskripsi
Game
Genre
Aksi, Multiplayer, Sport
Penerbit
Psyonix
    %d blogger menyukai ini: