Rode VideoMic NTG – Mikrofon Shotgun Murah dan Serbaguna

Ada kabar gembira untuk para videographer. Pasalnya, Rode telah merilis mikrofon baru bernama Rode VideoMic NTG On-Camera Shotgun.

Mikrofon Rode VideoMic telah menjadi favorit para videographer DSLR dan pembuat film amatir. Hal ini karena mikrofon Rode selalu menghasilkan kualitas suara yang bagus.

Nah baru-baru ini, Rode telah meluncurkan mikrofon baru. Mikrofon tersebut adalah Rode VideoMic NTG On-Camera Shotgun. Mikrofon ini diklaim bisa menghasilkan suara lebih berkualitas.

Lalu apa saja keunggulan yang dimiliki Rode VideoMic NTG On-camera Shotgun? Simak penjelasannya berikut ini.

Tentang Rode VideoMic NTG On-Camera Shotgun

Ada satu keunggulan yang selalu dielu-elukan Rode saat mengumumkan VideoMic NTG terbaru. Perusahaan mengatakan bahwa mikrofon ini menggunakan teknologi audio berkualitas.

Selain itu, mikrofon ini didesain sedemikian rupa agar nyaman digunakan. Meski punya banyak keunggulan, tapi VideoMic NTG terbaru dijual dengan paket lebih terjangkau.

Saat ini, Rode VideoMic NTG On-Camera Shotgun baru tersedia di AS. Untuk sementara, harga mikrofon ini dibanderol sebesar $249 atau sekitar Rp 3,5 juta.

Punya Spesifikasi Tinggi

Sumber Gambar : Cinema5D

Kalian pasti penasaran dengan apa saja yang bisa dilakukan Rode VideoMic NTG bukan? Berikut ini beberapa fitur unggulan yang ada di mikrofon tersebut.

Pertama, VideoMic NTG mempunyai bodi aluminium ringan dan kasar (94g). Hal ini membuatnya nyaman digunakan untuk semua ukuran kamera.

Mikrofon ini telah menggunakan teknologi Annular Line Tube yang sama seperti di NTG5. Teknologi ini mampu menekan kebisingan ke titik terendah.

VideoMic NTG juga telah dibekali TRS dan TRRS 3.5mm dengan auto-sensing. Fitur ini dapat memangkas kebutuhan adaptor saat beralih antara DSLR ke perangkat seluler.

Oya, mikrofon ini juga dibekali Output USB dengan optional headphone monitoring. Sementara untuk daya tahan, mikrofon ini dibekali baterai isi ulang dengan 30 jam penggunaan.

Di sisi lain, mikrofon ini menyajikan kontrol gain variable yang tidak terbatas. Jadi kalian akan mudah mengatur level audio dengan karakteristik input kamera apa pun.

VideoMic NTG terbaru masih mempertahankan filter high-pass switchable (75 / 150Hz). Filter ini dapat menghilangkan kebisingan latar low-end, dan meningkatkan frekuensi ke level tinggi.

Menariknya, mikrofon ini telah terintegrasi dengan channel -20dB seperti di VideoMic Pro +. Jadi mikrofon ini bisa mengubah rekaman stereo menjadi dual mono, dengan satu saluran -20dB volume rendah.

Fitur terakhir adalah peningkatan power-on dan off otomatis. Fitur ini bisa menghidupkan dan mematikan kamera otomatis. Jadi kalian tidak perlu takut kehabisan baterai karena lupa mematikan kamera.

Mikrofon yang Sangat Serbaguna

VideoMic NTG memberikan kualitas suara profesional dengan harga yang terjangkau. Mikrofon ini bisa digunakan untuk ponsel, DSLR, hingga laptop atau desktop melalui USB.

Mikrofon ini bisa dipasang di kamera dengan menyertakan shock absorber. Selain itu kalian juga memasang mikrofon ini di boom, atau memegangnya dari pegangan shotgun.

VideoMic NTG sangat cocok untuk podcast, streaming langsung atau pembuatan film. Tampaknya, ini akan menjadi mikrofon yang paling fleksibel milik Rode.

%d blogger menyukai ini: