Nongkrong Kreatif Sama Teman di Ruang Virtual Online Mozilla Hubs

Di masa pandemi dan karantina mandiri, bertemu keluarga, teman, atau rekan dilakukan secara online. Salah satu sarana menarik yang ada adalah Mozilla Hubs, tempat kamu bisa berkumpul dalam ruang virtual secara online.

Bertemu orang lain secara online memang bisa lewat berbagai aplikasi. Sekedar ngobrol lewat teks bisa (sudah tiap hari kita lakukan), bertatap muka di video call — baik pakai aplikasi video call biasa atau aplikasi konferensi video — juga bisa, bahkan lewat game pun bukan masalah.

Tentang Mozilla Hubs

Mozilla menawarkan sesuatu yang berbeda. Yah, mungkin aplikasi yang ditawarkan ini boleh dibilang mirip Horizon buatan Facebook.

masuk ruang virtual mozilla hubs

Apa itu Mozilla Hubs?

Mozilla Hubs (biasa disebut Hubs saja) adalah sebuah platform kolaborasi virtual yang berjalan melalui browser (peramban). Jadi tidak perlu install aplikasi.

Kamu bisa membuat ruang virtual dalam bentuk 3D secara online dan mengundang teman dengan mengirim alamat URL. Obrolan bisa kamu lakukan lewat mikrofon.

Kalau kamu punya VR headset, pengalamannya tentu lebih imersif. Tapi kalau tidak pun nggak masalah. Kamu bisa mengontrol gerakan lewat tombol keyboard (WSAD+QE seperti di game) dan dengan mouse atau sentuhan.

Fitur Hubs

Yang menarik, Mozilla membuat Hubs tidak hanya untuk sekedar bertemu. Tapi juga berkreasi. Kita bisa memilih avatar (yang dilihat orang lain) dan memilih jenis ruangan. Asiknya lagi, kalau kamu mau, kamu bisa membuat avatar atau desain ruang sendiri melalui Spoke (3D model editor).

Ketika kamu berada di dalam ruangan virtual, kamu juga bisa mengirim berbagai hal. Bisa memberi emoji (dengan shortcut tombol 1-9), mengirim foto atau video, animasi GIF, atau obyek dari Google Poly (editor 3D).

Semua obyek yang kamu unggah dan kamu bagi akan muncul dalam bentuk perspektif 3D (bahkan kalau obyeknya gambar 2D). Begitu pun dengan emoji yang muncul dengan animasi. Lumayan lucu.

ruang virtual mozilla hubs

Untuk pertemuan online, mungkin lewat aplikasi video call memang lebih praktis. Tapi kalau kamu dan teman-teman tergoda untuk membuat dunia sendiri, Hubs bisa jadi pilihan menarik. Kamu bisa mengeksplorasi kreativitasmu lebih jauh.

Kalau tertarik, silakan kunjungi Mozilla Hubs.

%d blogger menyukai ini: