Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Rumor Terbaru Apple AirPods 3 Tak Jadi Rilis Q1 Tahun Ini, Fix Bikin Kecewa!

Indri Penulis

Kabar terbaru datang dari AirPods 3. Rumor terbarunya, rilis Apple AirPods 3 tak jadi Q1 tahun ini dan produksi baru dilakukan Q3 mendatang.

Penggemar AirPods sempat dibuat senang karena beberapa waktu lalu beredar bocoran AirPods 3. Selain mengungkapkan desain dan spesifikasi, bocoran sebelumnya juga mengatakan kalau AirPods 3 bakal rilis Q1 tahun ini. Itu artinya perilisan tak akan lama lagi.

Namun kini penggemar AirPods harus gigit jari. Pasalnya gosip terbaru yang beredar menyebutkan bahwa rilis AirPods 3 bakal diundur lebih lama.

Rilis Apple AirPods 3 akan Diundur Lama

Dilansir dari MacRumors, analis terkenal Ming-Chi Kuo baru-baru ini merilis catatan terbaru. Kuo mengatakan kalau produksi massal AirPods 3 tak akan dilakukan hingga kuartal tiga tahun 2021.

Itu artinya, AirPods 3 tidak akan tersedia sampai akhir tahun. Padahal Kuo di bulan November 2020 mengatakan bahwa AirPods 3 akan diluncurkan paruh pertama tahun ini. Sedangkan rumor lain menyebutkan kalau AirPods 3 akan datang paling cepat bulan ini.

Sumber Gambar : GSMArena

Sebelumnya ada berbagai bocoran yang menggambarkan desain AirPods 3. Padahal biasanya kalau render produk sudah keluar, maka peluncuran produk tersebut tidak akan lama lagi.

Apalagi leaker terkenal yang sering berbagi info akurat soal rencana Apple, Kang, mengatakan bahwa AirPods 3 “siap dikirim.” Sayangnya semuanya berubah setelah Kuo mengeluarkan statement terbarunya.

Kuo memperkirakan pengiriman AirPods dari kuartal pertama hingga ketiga tahun 2021 turun sekitar 25% (turun menjadi 55 juta unit). Bahkan meskipun permintaan AirPods 3 lebih baik dari yang diharapkan, pengirimpan AirPods di Q4 mungkin akan tetap flat.

Secara keseluruhan, pengiriman AirPods di tahun 2021 diprediksi akan turun menjadi 78 juta unit. Berbeda jauh dengan pengiriman di tahun 2020 yang mampu mencetak angka 90 juta unit.

Baca Juga:  Mengatasi Gambar Profil Apple ID Beda Antara iPhone dan Mac

Kuo juga mengatakan bahwa Apple kini tengah dilema, dan inilah yang membuat perusahaan menunda produksi AirPods 3. Apple bingung, apakah mereka harus menghentikan produksi AirPods 2 saat AirPods 3 diluncurkan atau tidak.

Pasalnya Apple khawatir jika AirPods 2 tetap ada dan dijual dengan harga lebih rendah, itu dapat mempengaruhi permintaan AirPods 3. Di sisi lain jika tidak ada model AirPods dengan harga lebih rendah, itu akan berdampak buruk pada penjualan Apple.

Kuo juga menghubungkan penurunan permintaan AirPods dengan meningkatnya persaingan di pasar. Saat ini telah banyak earbud nirkabel dengan harga yang lebih terjangkau dibanding AirPods.

Meski AirPods memiliki kapabilitas dan penyandingan cepat yang membuatnya unggul dibanding pesaingnya, namun Kuo mengatakan bahwa keunggulan ini ‘secara bertahap mampu diimbangi’ oleh earbud milik pesaing yang lebih murah.

Terakhir, Kuo mengatakan jika Apple ingin meningkatkan penjualan AirPods di masa depan, mereka harus menghadirkan inovasi yang lebih ‘gila.’ Contohnya memasukkan fungsi manajemen kesehatan dalam AirPods masa depan.

Yah, semoga saja dengan penundaan waktu produksi dan peluncuran, Apple bisa menghadirkan inovasi yang lebih oke ke AirPods 3 nantinya.