Rumor: Apple Kembangkan Fungsi Desktop Untuk iPhone

Sebuah rumor menarik beredar sehubungan dengan sistem Mac baru berbasis Apple Silicon. Rumor iru menyebutkan Apple sedang mengambangkan fitur integrasi sehingga iPhone punya tampilan desktop bisa dihubungkan ke monitor atau perangkat docking.

Ya, kamu mungkin sudah mengenal fitur ini di ekosistem lain. Samsung memiliki DeX yang memberi fungsi dekstop bisa smartphone Galaxy dihubungkan ke monitor. Lalu ada pula Project Linda dari Razer dengan konsep serupa. Sedangkan dulu, Windows Phone punya fitur Continuum yang juga memberikan pengalaman desktop saat dicolokkan ke monitor.

Apple memiliki Project Catalyst yang memungkinkan para pengembang membawa aplikasi iPad ke komputer Mac. Dengan peralihan komputer Mac memakai chipset Apple Silicon, proses tersebut akan lebih mudah karena semua perangkat Apple akan memiliki basis chipset serupa.

MauriQHD memberikan bocoran di Twitter kalau Apple sedang mengembangkan prototipe seperti [Project] Linda atau DeX. Asumsinya, ketika iPhone dicolokkan ke monitor, akan muncul pengalaman seperti desktop dari smartphone tersebut.

rumor iphone desktop
rumor iPhone desktop

Ia juga menyebutkan Apple sudah memiliki dua solusi untuk hal itu β€” dengan docking atau menjalankan macOS (?!?) β€” namun akan memilih salah satu. Ia menambahkan kalau Apple sedang menunggu proyek lain sampai di titik yang sesuai. Mauri QHD merasa yakin 95% akan informasi ini (sisanya tergantung berbagai faktor lain).

Sebelum ini Apple memang dikenal menolak perilaku silang antar perangkat. Misalnya, Steve Jobs menolak styleus untuk iPhone. Lalu Apple juga menolak gagasan Macbook dengan touch screen. Bahkan Apple juga menolak ide kalau Project Catalyst akan menggabungkan macOS dan iOS (atau iPadOS).

Namun dengan peralihan Mac ke Apple Silicon yang berbasis ARM (walau Apple tidak menyebutnya), tiba-tiba semua itu jadi terlihat mungkin. Apple sendiri mengatakan bahwa pengembang aplikasi iOS dan iPadOS sudah bisa menghadirkan aplikasi mereka di macOS Big Sur tanpa memodifikasi.

Yah, rumor ini jelas menarik. Toh ekosistem Apple nantinya akan menjadi satu. Lalu β€” untuk kesekian kalinya β€” Apple punya kemampuan untuk menjadi trendsetter. Sesuatu yang sudah ada dikembangkan menjadi lebih baik dan menarik. Jadi ya, siapa tahu?

%d blogger menyukai ini: