Zenbook 14 M3400 banner
Zenbook 14 M3400 banner
Zenbook 14 M3400 banner

Rumor: Apple Kembangkan Mesin Pencari Sebagai Alternatif Google

bisakah runtuhkan dominasi Google Search?

Anom Penulis

Sebuah kabar yang luar biasa muncul dan menyebutkan kalau Apple sedang mengembangkan teknologi mesin pencari menyaingi Google. Jika benar, tentu akan sangat menarik.

Kabar soal itu hadir dari Financial Times. Mereka menyebutkan kalau Apple “meningkatkan usaha” untuk mengembangkan teknologi pencarian seiring kebijakan antitrust (anti monopoli) pemerintah Amerika.

popculture.id

Memecah Monopoli Google

Apple dan Google memang memiliki kesepakatan yang meletakkan Google Search sebagai mesin pencari utama di perangkat Apple. Apple disebut menerima sekitar 12 milyar Dollar per tahun dari kesepakatan itu.

Hal ini tentu saja membuat Google menjadi dominan bila dibanding layanan pencari lain, seperti Bing dan DuckDuck Go. Apalagi mengingat perangkat Apple, terutama iPhone, meraja di Amerika Serikat.

google search widget di ios 14

Kebijakan anti monopoli ini tentu akan mempengaruhi pendapatan Apple. Namun efek yang lebih besar akan mengancam Google. Seperti kita ketahui, pencarian Google terikat erat dengan bisnis periklanan yang menjadi tulang punggung perusahaan raksasa itu.

Apple tentu saja memiliki pilihan bekerja sama dengan mesin pencari lain, atau mengembangkan teknologi mereka sendiri.

Dugaan Mesin Pencari Apple

Laporan dari Financial Times juga menyebutkan bahwa dua tahun lalu Apple mempekerjakan John Giannandrea, mantan pimpinan Google Search. Tugasnya adalah untuk meningkatkan kemampuan Siri. Apple juga disebut kerap mengiklankan lowongan pekerjaan untuk teknologi pencarian.

Selain itu, ada pula peningkatan dalam kinerja Applebot, web crawler milik Apple, yang terus memperbaiki hasil pencarian Siri dan Spotlight. Yang menarik, di iOS 14, Apple menunjukkan hasil pencarian mereka sendiri beserta tautan langsung ke situs terkait ketika pengguna mencari dari layar utama.

Apple jelas memiliki modal yang cukup. Mereka memiliki berbagai perangkat, mulai dari smartwatch, smartphone, laptop, desktop, dll. Mereka juga punya fitur pencari melalui Siri dan Spotlight.

Walau dengan dasar sedikit berbeda, kita pernah menyaksikan bagaimana Apple meninggalkan Google Maps dan mengembangkan layanan peta mereka sendiri di iOS 6. Secara perlahan, Apple Maps terus berkembang, bahkan sampai ke browser, bukan hanya aplikasi di dalam perangkat.

Meskipun ada indikasi seperti di sebut di atas, sejauh ini memang belum ada pernyataaan pasti soal Apple membuat layanan mesin pencari. Tapi kalau benar, Apple bisa berubah dari raksasa menjadi titan di dunia teknologi. Betul?

    %d blogger menyukai ini: