Rumor Seputar ASUS Zenfone 5 (2018)

rumor asus zenfone 5 2018

Menjelang acara Mobile World Congress (MWC) 2018, banyak rumor smartphone baru bermunculan. Salah satunya adalah handphone ASUS Zenfone 5. Tunggu dulu. Ini bukan handphone Zenfone 5 keluaran tahun 2014 lalu.

Ya, generasi Zenfone pertama, yang keluar pada tahun 2014 memiliki varian dengan nomor 4, 5, dan 6. Kemudian, Pada tahun 2015, ASUS menata penamaan produknya dan mulai kembali dari Zenfone 2 (beserta varian Zoom). Begitu selanjutnya. Tahun 2016 dengan ASUS Zenfone 3 dan variannya, lalu tahun 2017 dengan ASUS Zenfone 4 dan variannya.

Tiba pada tahun 2018, ASUS kembali akan merilis handphone terbaru. Mudah ditebak, namanya ASUS Zenfone 5 (beserta variannya). Masuk akal kan?

Kelihatannya memang seperti itu. Hal ini nampak pada undangan untuk acara presentasi di MWC 2018 pada tanggal 27 Februari 2018.

undangan asus back to 5

Rumor menyebutkan kalau ASUS akan memperkenalkan paling tidak tiga varian. ASUS Zenfone 5, Zenfone 5 Lite, dan Zenfone 5 Max. Kalau melihat gambar undangannya, handphone itu akan menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon.

Seperti juga rumor Samsung Galaxy S9, rumor handphone Moto 2018, dan rumor Huawei P20, rumor ASUS Zenfone 5 pun menghadirkan render smartphone yang bersangkutan. Situs WinFuture menerbitkan gambar bocoran tersebut (yah, lebih terlihat seperti gambar daripada render 3D).

bocoran render asus zenfone 5 2018

ASUS Zenfone 5 leaked (Foto: WinFuture)

Yah memang, situs itu menyebut bahwa gambar berasal dari panduan manufaktur. Modelnya disebut sebagai ASUS X00PD. Diperkirakan memiliki layar sebesar 5,7 inci dengan rasio 18:9. Rasio layar ini mulai menjadi standar handphone masa kini.

Dari gambar, kita juga bisa mengetahui bahwa handphone memiliki kamera ganda di belakang dengan posisi seperti iPhone X. Apa kamera depan juga kamera ganda? Selain itu, kelihatannya handphone ini juga akan punya desain unibody dengan material metal (terlihat dari garis potongan di samping untuk antena), dan masih menggunakan micro USB.

Sedikit OOT (di luar topik), konon posisi kamera seperti iPhone X disebabkan karena manufaktur ingin konsumen bisa mendapat aksesoris cover lebih mudah. Pabrikan aksesoris bisa memakai “satu template” untuk memproduksi berbagai cover.

Belum banyak informasi tersedia dalam rumor ASUS Zenfone 5 ini. Selain beberapa hal di atas, juga disebutkan kalau handphone ini akan menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 430 octa-core. Sistem operasinya sudah Android 8.0 Oreo.

Apa lagi selain itu? Evan Blass alias evleaks memberikan bocoran informasi dan foto tentang ASUS Zenfone 5 Lite. Memiliki empat kamera (dua kamera 20 MP di depan dan dua di belakang 16 MP).

Bagaimana? Kalau melihat pengalaman tahun lalu, handphone Zenfone cukup handal bersaing di kelas menengah. Dari gambar rumor ASUS Zenfone 5 di atas, kelihatannya akan tetap seperti itu. Doakan ada yang mampir di sini, sehingga kami bisa berbagi pengalaman dengan lebih baik. ????

Ada komentar?