Rumor Samsung Galaxy S9 dan S9+ Yang Beredar

rumor samsung galaxy s9
Anom Penulis

Tahun 2017 belum berakhir, namun rumor Samsung Galaxy S9 dan S9+ sudah berhembus kencang. Ditambah lagi, Samsung sudah mengumumkan seri Galaxy A8 (2018). Ini berarti Samsung memang sudah siap untuk merilis generasi handphone selanjutnya.

Coba bayangkan, apa yang ada di benak Samsung dengan hebohnya iPhone X? Bukan berarti handphone flagship kalah canggih dibanding smartphone keluaran Apple itu. Bagaimanapun iPhone adalah pesaing utamanya. Apalagi—walau pendekatannya berbeda—keduanya sama-sama memiliki layar bezeless.

Rumor Desain Samsung Galaxy S9 dan S9+

Samsung Galaxy S9 sempat dirumorkan memiliki fingerprint scanner di layar. Apalagi Synaptics mengumumkan produksi masal optical in-display fingerprint sensor yang disebut Clear ID. Tapi hal ini kemudian dibantah.

Evan Blass menyebutkan di Twitter bahwa tahun 2018 merupakan tahun “tock” (dari istilah “tick tock”). Asumsinya, desain Samsung Galaxy S9 tidak akan jauh berbeda dengan Samsung Galaxy S8. Walau begitu, akan ada perubahan di bagian belakang. Ini berarti perubahan posisi kamera dan fingerprint scanner.

Kemudian beredar hasil render Samsung Galaxy S9. Render ini merupakan perkiraan desain hasil kerjasama antara @OnLeaks dan MySmartprice. Dari render tersebut kelihatannya memang desain bagian depan tidak banyak berubah. Hanya saja di bagian belakang Samsung Galaxy S9+ terlihat ada kamera ganda, seperti Note 8.

Render Samsung Galaxy S9

Render Samsung Galaxy S9+

Tidak lama, render desain tersebut mendapat “konfirmasi”. Muncul foto panel depan handphone. Salah satunya muncul di Weibo. Dari foto tersebut sih memang tidak jauh berbeda dari rumor Samsung Galaxy S9 sebelumnya. Lalu kelihatannya dari segi ukuran pun tidak akan berbeda dengan Galaxy S8 (5,8 inci) dan S8+ (6,2 inci).

Pertanyaannya, kalau Samsung Galaxy A8 (2018) punya kamera ganda di depan? Apakah Samsung Galaxy S9 juga akan punya fitur seperti itu? Kalau melihat foto panel depan, kelihatannya tidak. Tapi bukan masalah, Google Pixel 2 yang cuma punya kamera tunggal saja bisa jadi salah satu handphone dengan kamera terbaik.

panel depan samsung galaxy s9

Selain foto panel depan handphone, muncul juga foto panel bagian belakang (dari SamMobile). Informasi apa yang bisa kita lihat? Ya, render desain cukup akurat. Fingerprint scanner pindah ke bagian tengah di bawah kamera.

Tapi kalau melihat ukuran lubang posisi kamera (dan fingerprint scanner), kelihatannya panel ini adalah milik Galaxy S9, bukan Galaxy S9+ (yg konon punya kamera ganda).

panel belakang samsung galaxy s9

Rumor Spesifikasi Samsung Galaxy S9 dan S9+

Melihat bahwa kedua handphone ini adalah handphone flagship Samsung, tidak mengherankan kalau dapur pacunya mutakhir. Kita bisa berharap bahwa Samsung Galaxy S9 dan S9+ akan menggunakan Qualcomm Snapdragon 845. Walau begitu, ada kemungkinan hadir varian yang menggunakan prosesor Exynos 9810 untuk wilayah tertentu.

Bagaimana dengan spesifikasi lain? Belum banyak rumor tentang ini. Tapi melihat Galaxy Note 8 mendapat RAM lebih besar, bukan tidak mungkin Galaxy S9+ juga mendapat tambahan RAM. Selain itu, Pocket-lint menyebutkan kalau baterai Samsung Galaxy S9 akan memiliki kapasitas 3200 mAh.

Lagi-lagi, perdebatan soal colokan audio selalu muncul ketika handphone baru mau dirilis. Kebanyakan masih yakin bahwa Samsung belum akan menghilangkan colokan audio tersebut. Namun, pengguna Weibo dengan username IceUniverse menebar rumor Samsung Galaxy S9 kalau akan ada tambahan Bluetooth earphone dari AKG.

Tanggal Rilis Samsung Galaxy S9 dan S9+

Banyak rumor menyebut kalau Samsung akan mengumumkan kedua handphone ini lebih awal dari biasanya. Bahkan tidak sedikit yang menyebut kalau Samsung akan memberi sneak peek di CES 2018 pada bulan Januari. Namun, salah satu sumber Korea Herald membantah rumor itu.

Kemudian ada juga yang menyebutkan bahwa Samsung akan merilis keduanya di acara MWC 2018 pada bulan Februari. Kemungkinan terbesar adalah rilis Samsung Galaxy S9 dan S9+ akan punya acara sendiri. Ya kecuali kalau acara Samsung tahun lalu memang sengaja dibesarkan untuk menebus dosa Note 7.

UPDATE RUMOR SAMSUNG GALAXY S9

Beberapa bocoran dari Evan Blass (@evleaks):

samsung galaxy s9 dan dex pad
Samsung Galaxy S9 dan DeX Pad

leaked samsung galaxy s9 lilac purple

leaked samsung galaxy s9 coral blue

    %d blogger menyukai ini: