Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Rumor Chip Apple Silicon M2 Rilis Tahun 2022 & Pakai Node Proses 4nm

Indri Penulis

Ada rumor yang mengatakan kalau chip Apple Silicon M2 akan rilis tahun 2022. Chip ini nantinya akan dibuat menggunakan node proses 4nm.

Setelah sekian lama, Apple akhirnya berhasil menciptakan chip-nya sendiri yang bernama Apple Silicon M1. Harapannya, chip ini dapat menggantikan prosesor Intel pada model Mac tertentu.

Chip Apple Silicon M1 dibuat oleh TSMC pakai node prosesn 5nm. Dia punya 16 miliar transistor (jauh lebih banyak dibanding 11,8 miliar transistor yang ada di chipset Apple Bionic A14). Chip ini menggunakan arsitektur ARM, mirip seperti SoC A-seris yang dipakai pada perangkat iPhone dan iPad.

Baru-baru ini, Apple rumornya tengah menyiapkan sekuel dari chip Silicon M1 yang disebut Silicon M2. Kira-kira apa yang bisa diharapkan dari chip ini?

Sama seperti pendahulunya, M2 digadang-gadang bakal digarap lagi oleh TSMC dan pakai node proses 4nm. Karena node prosesnya lebih rendah, itu artinya M2 akan lebih bertenaga dan hemat energi dibanding M1.

Rumor Apple Silicon M2 Rilis
Sumber : Phone Arena

Konon, chip M2 dapat menggunakan hingga 10 core CPU, sama seperti chip M1X (yang diprediksi bakal dipakai MacBook Pro 2021). Jumlah core yang ditawarkan M2 tentu sedikit lebih banyak dibanding M1 (4 core hemat energi + 4 core berkinerja tinggi, totalnya ada 8 core CPU).

Sedangkan untuk core GPU, ada yang mengatakan kalau M2 tak akan memiliki core GPU sebanyak M1X. Chip M1X sendiri dilengkapi 32 core.

Untuk waktu rilisnya, menurut analis Ming-Ching Kuo, chip Apple Silicon M2 kemungkinan bakal rilis tahun 2022, dan debut di MacBook Air pertengahan tahun depan.

Sementara itu, belum jelas pakai chip M2 bakal dipakai untuk mentenagai model iPad Pro 2022 atau tidak. Tapi karena chip M1 juga dipakai pada iPad Pro 2021, kemungkinan M2 juga bakal dipakai untuk iPad Pro generasi terbaru.