Rumor: Google Sedang Bikin Chipset Tensor Generasi 2

Indri Penulis

Ada gosip baru yang mengatakan kalau Google sedang mempersiapkan chipset Tensor generasi 2. Wah, kira-kira bakal sepecah apa chipset ini?

Perlahan tapi pasti, berbagai perusahaan pembuat smartphone akhirnya mulai melepaskan diri mereka dari jeratan pembuatan chipset seperti Qualcomm dan MediaTek.

Ini bisa kamu lihat dengan adanya beberapa perusahaan yang mulai bikin chipset versinya sendiri. Salah satu contohnya ada Samsung dengan chipset Exynos-nya.

Selain Samsung, Google juga nggak mau kalah. Google akhirnya berhasil bikin chipset versi mereka sendiri yang bernama Tensor. Chipset ini resmi memulai debutnya pada ponsel Google Pixel 6 Series.

Tensor sendiri merupakan SoC yang terdiri dari berbagai komponen (seperti CPU, GPU, TPU, modem, dll). Google mengklaim kalau mereka telah mengoptimalkan semua komponen itu untuk teknologi AI dan ML (machine learning). Selain itu, Google juga telah menambahkan keping keamanan baru, Titan M2.

Sumber : 9to5google

Nggak berselang lama setelah debut, sekarang gosip yang mengatakan kalau Google tengah mempersiapkan chipset Tensor generasi ke 2.

Rumor ini berasal dari situs 9to5google. Situs tersebut mengatakan kalau mereka telah menemukan sebuah SoC Google Tensor ‘yang diduga generasi kedua’ dengan nama kode “Cloudripper.”

Beberapa pihak percaya kalau Cloudripper sebenarnya bukan nama sebuah chipset, atau nama ponsel Pixel 7 yang rilis tahun depan.

Kemungkinan Cloudripper adalah nama kode platform yang dipakai untuk menguji sebuah chipset. Chipset ini memiliki nomor model “GS201.”

Dilihat dari nomor modelnya, “GS201” terlihat sebagai penerus “GS101” yang notabene nomor kode chipset Google Tensor saat ini (generasi pertama).

Sayangnya baru itu saja informasi yang didapatkan oleh situs 9to5google. Mereka belum membeberkan seperti apa kemampuan yang bakal dimiliki oleh chipset ini.

Ya kalau dipikir-pikir, rasanya masuk akal kalau Google sudah mengerjakan penerus Tensor. Apalagi chipset Tensor generasi pertama tampaknya telah berhasil melakukan pekerjaan yang solid.

Kita tunggu saja kelanjutan rumor ini. Semoga saja bakal ada gosip-gosip baru yang membahas soal penerus Tensor generasi pertama dengan lebih detil.

    %d blogger menyukai ini: