Chipset Google Tensor Akan Melakukan Debut di Ponsel Pixel 6 Series

google pixel 6
Gambar: Google

Pada tanggal 2 Agustus 2021, Google memperkenalkan ponsel Pixel 6 Series. Tapi yang menjadi topik utama justru bukan ponsel itu sendiri, tapi chipset buatan Google yang disebut Tensor.

Rick Osterloh, SVP Perangkat dan Layanan, mengumumkan ponsel beserta chipset buatan Google itu melalui situs resmi. Ia menyatakan kalau sejak pertama kali meluncur, ponsel Pixel selalu berusaha memberikan fitur berbasis AI, seperti di komputasi fotografi dan pengenalan suara.

Namun ada halangan tertentu dalam pengembangan teknologi itu. Ada keterbatasan dalam chipset yang diproduksi secara masal. Oleh karena itu, Google mengembangkan chipset khusus yang sesuai dengan teknologi dan karakterisitik ponsel Pixel.

Sebelum ini, memang sudah tersiar kabar kalau Google membuat chipset sendiri. Kabar ini hadir di awal tahun 2020. Kini, chipset buatan Google itu sudah resmi diperkenalkan.

Google Tensor

Tensor merupakan sebuah SoC (system on chip) yang terdiri dari berbagai komponen, seperti CPU GPU, TPU, modem, dll. Google menyebutkan kalau mereka mengoptimalkan semua komponen itu untuk teknologi AI dan ML (machine learning) di ponsel Pixel 6 series. Selain itu, Google juga menambahkan keping keamanan baru, Titan M2.

chipset google tensor
gambar: Google

Chipset khusus ini akan meningkatkan fitur komputasi fotografi yang sebelumnya sudah ada di aplikasi kamera Google, seperti HDR+ dan Night Sight. Namun tidak hanya itu. Dengan chipset ini Google berencana membawa fitur komputasional itu ke video.

Selain itu, chipset baru ini juga akan memberikan peningkatan pada sisi lain. Misalnya untuk Live Caption Translate, sehingga kita bisa melihat teks terjemahan langsung di layar hampir bersamaan ketika kalimat itu diucapkan di layar, di ponsel dan tanpa membutuhkan teknologi cloud.

Sebaliknya, teknologi pengenalan suara itu juga akan berfungsi ketika kita mendikte Google Assistant untuk menulis pesan (lewat aplikasi GBoard). Bahkan kamu juga akan bisa mengedit teks itu, sambil terus mendikte pesan selebihnya.

Google Pixel 6 Series

Perkenalan ponsel baru Google ini boleh kita sebut sebagai pengumuman tidak resmi. Karena ponsel Google Pixel 6 Series baru akan meluncur pada musim gugur 2021. Toh sebenarnya sudah tidak ada kejutan lagi, karena sebelum ini kita sudah melihat ponsel ini melalui beberapa bocoran Pixel 6.

google pixel 6 pro dan google pixel 6
gambar: Google

Ponsel Pixel 6 hadir dalam dua versi, yaitu standar dan Pro. Keduanya memiliki desain baru yang sudah muncul di bocoran, yaitu mocul kamera yang memanjang selebar bodi ponsel. Lalu Google memberikan aksen warna berbeda di bodi bagian atas dan bawah modul kamera.

Perbedaan yang paling mencolok di antara kedua ponsel ini ada di bingkai (frame) pada bodi. Pixel 6 memiliki frame aluminium matte (warna gelap), dan Pixel 6 Pro punya frame aluminium warna cerah. Yang versi standar dengan matte kelihatan lebih cakep.

Saat ini Google belum mengumumkan spesifikasi resmi ponsel Pixel 6 Series (nanti waktu peluncuran resmi). Namun mereka menyebutkan kalau ada peningkatan di modul kamera (sensor dan lensa baru). Kedua ponsel ini juga akan hadir dengan Android 12 yang memakai desain antarmuka Material You yang baru.

Kelihatannya persaingan perangkat dengan chipset khusus akan semakin memanas. iPhone sudah memakai chipset khusus buatan Apple selama bertahun-tahun, begitu pun Samsung dengan chipset Exynos. Bisakah Google Pixel 6 dengan chipset Tensor meramaikan persaingan ini?

%d blogger menyukai ini: