Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Rumor: Game Horizon Zero Dawn Remaster & Versi Multiplayer Sedang Dikembangkan

Aloy, karakter utama game Horizon Zero Dawn
Gambar: PlayStation
Anom Penulis

Ada kabar menarik untuk kamu fans Aloy. Kabarnya, game Horizon Zero Dawn versi remaster untuk PS5 sedang dikembangkan. Selain itu, kabarnya juga akan ada game Horison versi multiplayer.

Horizon Zero Dawn merupakan game action-adventure yang populer dan punya banyak penggemar. Selain karena permainannya menyenangkan, kualitas gambarnya pun bagus. Jadi tidak heran kalau fans game ini antusias dengan versi remaster.

Kabar Pengembangan Remaster Horizon Zero Dawn

Kabar soal pengembangan ini datang dari MP1ST, yang juga sudah dikonfirmasi oleh VGC berdasar sumber mereka masing-masing.

MP1ST menyatakan bahwa sumber mereka tidak menjelaskan apakah versi remaster ini “dibuat dari dasar” atau tidak. Namun akan ada peningkatan untuk sistem pencahayaan, tekstur yang lebih detil, dan model karakter baru yang menyesuaikan dengan sekuel game ini, Horizon Forbidden West.

perbandingan horizon zero dawn dan horizon forbidden west
Perbandingan detil (gamber: MP1ST)

Selain itu, versi remaster ini juga disebut akan memiliki dukungan aksesibilitas yang lebih baik. Termasuk ada beberapa mode grafis berbeda. Bisa kita maklumi, karena PS5 sudah mendukung variable refresh rate (VRR).

Sebelum ini, port Horizon Zero Dawn untuk PC sudah memiliki beberapa peningkatan sesuai perangkat bersangkutan. Misalnya frame rate lebih tinggi dan dukungan untuk layar lebar (wide screen). Walau begitu, secara elemen grafis dan tekstur masih sama dengan PlayStation.

Kabar Game Multiplayer Horizon

Di samping versi remaster game Horizon Zero Dawn, yang tidak akalah menarik adalah disebutnya game multiplayer. Sumber MP1ST menyebutkan kalau ada tim (nampaknya dari Guerilla Games) yang sedang mengembangkan game online multiplayer Horizon tersebut.

screenshot Horizon Zero Dawn PS4
gambar: PlayStation

VGC menambahkan informasi ini dengan menyebutkan bahwa dulu pada tahun 2014 ada konsep artistik game yang menunjukkan permainan multiplayer untuk Horizon Zero Dawn. Akhirnya mode permainan itu tidak jadi dirilis.

Baca Juga:  PlayStation 5 akan Segera Punya Fitur Variable Refresh Rate (VRR)

Begitupun ketika Horizon Forbidden West dirilis. Sony disebutkan berminat dengan fitur co-op di game tersebut. Namun Guerilla Games memutuskan fitur itu lebih cocok untuk proyek yang akan datang. Jadi kemungkinan besar seri ke-3 game Horizon bisa menghadirkan mode co-op antar pemain (atau mungkin game baru?).


Saya sendiri suka main Horizon Zero Dawn. Walau karena main di PC, sampai kini belum sempat mencicipi sekuelnya, Horizon Forbidden West. Namun jika Horizon Zero Dawn mendapat versi remaster, tentunya gambarnya lebih bagus lagi ya? Yah, tapi versi multiplayer nampaknya juga tidak kalah seru.

Bagaimana menurutmu?