Rumor iPhone 13 Dukung Satelit LEO, Bisa Telepon & SMS Tanpa Sinyal!

Indri Penulis

Satu lagi rumor liar soal iPhone 13. Gosipnya iPhone 13 bakal mendukung satelit LEO, sehingga penggunanya bisa telepon dan SMS tanpa sinyal seluler.

Apple diharapkan bakal mengenalkan jajaran iPhone 13 Series pada bulan September mendatang. Jauh sebelum perilisannya, banyak sekali rumor beredar soal iPhone 13 Series. Seperti rumor pemakaian chip A15 Bionic, mendukung fast-charging 25W, dll.

Rumor terbaru kali ini datang dari analis terkenal, Ming-Chi Kuo. Gosip kali ini cukup liar dan menarik. Sebab Kuo mengatakan kalau iPhone 13 kemungkinan bakal mendukung mode komunikasi satelit low-earth-orbit (LEO).

Apa yang menarik darinya? Jelas menarik. Sebab dukungan ini bakal memungkinkan pengguna iPhone 13 bisa mengirim pesan dan melakukan panggilan telepon, bahkan saat mereka nggak ada dalam jangkauan menara seluler 4G/5G standar.

Sumber : 9to5Mac

Sebenarnya, jauh di tahun 2019, Bloomberg pernah melaporkan penyelidikan Apple dalam penggunaan teknologi satelit untuk mengirim data ke iPhone. Tapi ini adalah pertama kalinya ada kabar yang mengatakan kalau fitur tersebut akan hadir sebagai bagian dari iPhone 13 Series.

Kembali ke Kuo, di masa depan, analis ini memprediksi kalau komunikasi satelit LEO juga bisa dipakai untuk headset AR terbaru Apple, Apple Car dan aksesoris Internet-of-Things lainnya.

Kuo juga menyebutkan kalau iPhone 13 bakal menggunakan variasi dari modem Qualcomm X60. Konon modem ini akan mendukung komunikasi via satelit.

Sampai sekarang belum jelas, apakah dukungan ini (kirim SMS dan telepon) hanya akan berfungsi di layanan Apple seperti iMessage dan FaceTime, atau bisa merambah ke layanan non-Apple lainnya. Juga nggak jelas, apakah fitur satelit ini gratis seperti GPS, atau bakal datang dengan biaya penggunaan tambahan.

Hm, tapi fitur yang satu ini sepertinya benar-benar patut diantisipasi deh. Gimana menurutmu?

    %d blogger menyukai ini: