Rumor: iPhone 14 Pro Bakal Punya RAM 8GB

iPhone 14 Mockup pill camera concept
Anom Penulis

Ada rumor menarik muncul sehubungan dengan performa iPhone mendatang. Rumor menyebutkan kalau seri iPhone 14 Pro akan memiliki RAM 8GB. Lebih besar dari yang pernah ada sebelumnya.

Ya, iPhone tidak pernah memiliki RAM berkapasitas besar. Berbeda dengan ponsel Android yang bisa punya RAM jumbo. ROG Phone 5 Ultimate, misalnya, memiliki RAM sebesar 18GB, atau Samsung Galaxy S21 Ultra yang punya RAM 16GB.

Apple sendiri jarang (bahkan tidak pernah) menyebutkan kapasitas RAM iPhone dalam spesifikasi teknis di website resmi. Tapi kalau kamu menelisik internet, kamu bisa menemukan kalau iPhone 13 Pro Max memiliki RAM 6GB. RAM sebesar itu pun baru mulai diterapkan pada iPhone 12 Pro.

Nah, rumor soal RAM iPhone ini datang dari “yeux1122” yang menulis di platform blog Naver. Berdasar sumber dari rantai penyedia komponen, ia menyebutkan kalau iPhone 14 Pro tahun ini akan memiliki RAM 8GB.

Ia menyebutkan kalau kerjasama dengan manufaktur terkait sudah mendapat konfirmasi. Lalu, jadwal produksi masal komponen juga lebih cepat.

Rumor ini juga diperkuat oleh Jeff Pu dari Haitong International Securities. Ia menyebutkan kalau iPhone 14 akan punya dua fitur serupa dengan iPhone 13 Pro, yatu ProMotion dan RAM 6GB. Dengan demikian salah satu perbedaan versi standar dan Pro adalah ukuran RAM.

Karena ponsel Apple hanya iPhone, mereka mampu membuat semua komponen berjalan efisien. Apalagi chipset Bionic belum terkalahkan. Dengan begitu, iPhone cenderung mampu bekerja cepat walau punya RAM lebih kecil dari ponsel Android.

Selain masalah RAM, tentu saja ada rumor soal kamera depan iPhone yang akan berupa lubang di layar. Dengan begitu menghilangkan notch yang saat ini masih bertengger (walau lebih kecil).

Mendengar rumor yang beredar, jika itu benar, kelihatannya tahun ini merupakan tahun yang tepat kalau kamu berencana ganti iPhone. Karena kelihatannya bakal ada perubahan yang cukup signifikan. Betul?

    %d blogger menyukai ini: