Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner

Rumor: iPhone 15 Pro Punya Kamera Bawah Layar dengan FaceID Tahun Depan

Indri Penulis

Rumor tentang model iPhone 15 Pro mulai beredar. Rumor tersebut mengatakan kalau iPhone 15 Pro akan punya kamera bawah layar dengan FaceID.

Tahun 2021 lalu, Apple sukses mendebutkan jajaran iPhone 13 Series yang langsung laris manis di pasaran. Memasuki tahun 2022, Apple dijadwalkan bakal meluncurkan seri baru yakni iPhone 14 Series, yang rumornya akan rilis akhir tahun ini.

popculture.id

Meskipun begitu jika ada rumor tentang iPhone 15 Series, mungkin penggemar iPhone bakal tetap kepo. Apalagi kalau rumor tersebut membahas soal prediksi fitur kamera yang bakal diusung iPhone masa depan.

Ya, jajaran iPhone 14 Series saja kini belum rilis. Jadi rasanya masih terlalu dini kalau kita membahas soal penerusnya, iPhone 15 Series yang diprediksi rilis tahun 2023.

Seperti rumor terbaru yang datang dari situs asal Korea, The Elec berikut ini. Baru-baru ini situs tersebut mengatakan kalau Samsung Display dan OTI Lumionics tengah mengembangkan generasi baru kamera UD (Under Display).

Sketsa Elektroda OTI Lumionics ConductTorr

Rencananya teknologi UD terbaru itu akan debut bertama kali pada ponsel Samsung Galaxy Z Fold 5 tahun depan. Kemudian, teknologi tersebut akan diluncurkan Apple ke model iPhone 15 Pro (nama sementara) pada musim gugur 2023.

Lebih lanjut,Samsung Display dilaporkan telah resmi bermitra dengan OTI Lumionics. Fyi, OTI Lumionics adalah perusahaan yang berhasil mengembangkan generasi baru bahan pola katoda organik (CPM).

Bahan CPM memungkinkan ‘jendela transparan mikroskopis dapat dibuka di lapisan katoda dan piksel OLED.’ Hasil akhirnya CPM mampu membuat tampilan layar benar-benar transparan.

Dalam kasus iPhone, Apple diprediksi akan bisa menyisipkan sensor FaceID-nya ke bawah layar dengan mulus. Tak hanya itu, pemakaian bahan CPM juga akan membuat sensor IR bisa berfungsi seperti biasa saat membuka kunci layar, ponsel nggak membutuhkan takik atau bahkan punch-hole untuk menempatkan kamera depan, dan tentunya tampilan layar akan terlihat jauh lebih luas serta bersih.

    %d blogger menyukai ini: