Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Rumor iPhone 15 Ultra & Spesifikasinya, Bocorannya Pakai Bodi Titanium?

gambar iphone 14 pro max
Gambar oleh: Apple
Anom Penulis

Buat penggemar iPhone, ada rumor ganas nih. Ada rumor menyebutkan kalau iPhone 15 Ultra bakal pakai materi bodi yang revolusioner, yaitu titanium! Beda kan sama biasanya?

Sejak iPhone 11 di tahun 2019, Apple selalu menggunakan bahan aluminium berlapis kaca. Namun kelihatannya materi itu akan segera berganti. Jika kabar ini benar.

LeaksApplePro, yang kerap memberi bocoran, menyebutkan rumor itu lewat Twitter. Cuitannya cukup singkat. “iPhone 15 Ultra akan terbuat dari titanium.” Boom!

Kalau kamu perhatikan, sebenarnya ada dua hal menarik dari tweet LeaksApplePro itu. Yang pertama soal nama. Yang kedua soal materi bodi.

Rumor Nama “Ultra”

Rumor soal nama ini cukup berkibar kencang. Dugaan awal iPhone dengan nama Ultra itu berasal dari Mark Gurman. Ia kembali menyebutnya ketika menanggapi analisa Ming-Chi Kuo.

Versi dengan nama Ultra ini akan menggantikan seri yang saat ini memakai nama Pro Max. Jadi, dugaannya, Apple akan merilis generasi mendatang dengan seri: iPhone 15, iPhone 15 Plus, iPhone 15 Pro, dan iPhone 15 Ultra.

Mari kita kesampingkan dulu soal nama yang mirip dengan ponsel flagship Samsung. Yang jelas, jika penamaan itu benar, menyebutkan seri iPhone akan lebih mudah. Ya kan?

iPhone 15 Ultra Titanium?

Kembali ke masalah materi bodi. Bahan titanium memang lebih kuat dari aluminium. Walau Apple menyebut versi mereka dengan Aerospace-grade aluminium, yah aluminium tetap saja aluminium.

Selain itu, titanium juga punya bobot lebih ringan. Tentu bobot iPhone yang lebih ringan ini akan menyenangkan banyak orang.

Hal ini juga senada dengan prediksi dari Ming-chi Kuo yang menyebutkan kalau Apple akan memperlebar perbedaan fitur antar seri iPhone di masa mendatang.

Baca Juga:  Tips Memilih Wallpaper iPhone Untuk Depth Effect iOS 16

Dengan begitu, kita bisa menduga kalau spesifikasi iPhone 15 Ultra juga pasti akan maut. tapi seperti apa?

Rumor Spesifikasi iPhone 15 Ultra

Yang pertama bisa kita duga adalah chipset-nya. iPhone 15 ultra bisa kita pastikan akan memakai chipset A17 Bionic. Kenapa? Karena memang tiap tahun Apple selalu memperbarui chipset iPhone.

Walau memang tahun ini berbeda karena iPhone 14 masih memakai chipset yang sama dengan iPhone 13. Perbedaan iPhone 14 dan iPhone 13 memang cukup tipis.

Chipset A17 Bionic disebutkan akan menggunakan proses 3nm. Ini merupakan peningkatan dari chipset A16 Bionik yang melalui proses 4nm.

Kemudian, ada dugaan kalau iPhone generasi mendatang akan memakai colokan USB-C, bukan lightning. Rumor ini berhubungan dengan kebijakan Parlemen Eropa yang mengharuskan semua perangkat elektronik memakai colokan seragam.

Selain itu, iPhone 15 Ultra juga dikatakan akan memiliki efisiensi baterai lebih baik. Artinya, pemakaian baterainya bakal lebih irit dan awet.

Nah, di samping itu, ada juga rumor yang lebih liar sifatnya. Seperti modul kamera belakang yang tidak menonjol (bumpless). Karena, seperti yang sama-sama kita ketahui, peletakan lensa di ponsel sulit mewujudkannya.

Tapi toh sebelum ini juga pernah beredar rumor kalau iPhone 14 Pro Max akan menggunakan sistem kamera periskop. Kalau iPhone 15 Ultra menggunakannya, minimal tonjolan kamera belakang memang bisa lebih tipis.

Harga iPhone 15 Ultra Lebih Mahal?

iPhone sendiri sudah merupakan produk smartphone premium. Jadi jika iPhone 15 Ultra memang menggunakan bahan titanium, maka ia akan menjadi ponsel yang benar-benar premium.

Artinya, harga iPhone 15 Ultra pun bisa membumbung tinggi alias mahal. Tapi mungkin ini memang bagian dari strategi Apple.

Baca Juga:  Bocoran Kamera iPhone 15 Series Terbaru, Bakal Pakai Sensor Tercanggih Sony!

Sesuatu hal yang mungkin cukup terbukti, mengingat iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max lebih diminati daripada versi standar dan Plus.

Sekali lagi, penggemar iPhone kelas berat pun mungkin tidak ragu merogoh kocek dalam-dalam untuk mendapatkan kesempatan pertama merasakan ponsel berbahan titanium ini.

Bagaimana menurutmu? Apakah iPhone 15 Ultra titanium ini menarik minatmu untuk membelinya? Apa mungkin kamu menganggapnya hanya sebagai gimmick semata?


Jangan lupa juga baca juga artikel seru seputar teknologi lainnya di Urbandigital. Baca juga berbagai artikel soal gadget, aplikasi, game, atau tutorial lain dari saya, Anom

Jika ada pertanyaan atau saran lebih lanjut, bisa tulis di kolom komentar, atau kirim email ke [email protected]