Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

iPhone Harus Pakai USB-C Sesuai Keputusan Parlemen Eropa

colokan apple iphone 13
Gambar: BGR
Anom Penulis

Seiring keputusan Parlemen Eropa untuk standar colokan, kemungkinan besar Apple harus mengganti colokan iPhone menjadi USB-C sebelum tahun 2024.

Sebelum ini, pada tanggal 23 September 2021, Komisi Eropa mempublikasikan bahwa mereka mengajukan proposal untuk mengubah kebijakan Radio Equipment Directive. Proposal itu akan menyeragamkan colokan di semua perangkat elektronik dengan USB Type-C.

Keputusan Penyeragaman USB-C

Pada tanggal 4 Oktober 2021, Parlemen Eropa meloloskan proposal tersebut. Sebelum akhir tahun 2024, semua perangkat bergerak — smartphone, tablet, dan kamera — yang dijual di Eropa harus menggunakan colokan USB-C. Mulai musim panas 2026, kebijakan itu juga akan mulai berlaku untuk laptop.

colokan usb-c
Colokan USB-C (gambar: Tomato86 / Wikipedia)

Penyeragaman colokan ini bertujuan untuk mengurangi dampak negatif pada konsumen dan lingkungan. Selain itu, keputusan ini juga mencegah terjadinya “penguncian teknologi” yang menyebabkan konsumen tergantung hanya pada satu manufaktur.

Nantinya akan ada label khusus yang memberi informasi pada konsumen soal karakteristik pengisi daya pada perangkat baru. Dengan begitu, mereka bisa melihat apakah perangkat itu kompatibel dengan charger yang sudah mereka punya.

Akankah iPhone Beralih ke USB-C?

Selama ini iPhone menggunakan colokan lightning, buatan dan hak milik Apple. Colokan ini memiliki bentuk dan struktur yang berbeda dengan colokan USB.

colokan lightning
Colokan Lightning (gambar: Trusted Review)

Saat ini, Apple belum memberikan komentar soal kebijakan standarisasi USB-C Parlemen Eropa tersebut. Walau begitu, sebelum ini Apple mengajukan argumen yang berbeda soal hal ini.

Pada tahun 2020, Apple berkomentar bahwa memaksakan konektor yang sama di seluruh perangkat akan menghambat inovasi dan akan lebih merugikan konsumen (dari The Financial Times, via Apple Insider).

Walau begitu, seiring proposal Komisi Eropa sebelumnya, beberapa rumor sudah menyebutkan bahwa iPhone mungkin memang akan beralih ke USB-C.

Baca Juga:  Lini iPhone 14 Hadir & Versi Pro Punya Kamera Depan Seru

Ming-Chi Kuo pernah mengutarakan bahwa iPhone akan meninggalkan kabel lightning mulai tahun 2023.

Di sisi lain, Apple juga gencar mendorong teknologi pengisi daya nirkabel (wireless charging) melalui MagSafe. Pengisi daya MagSafe ini hadir bersama dengan iPhone 12.

Jika Apple benar-benar mengalihkan colokan iPhone ke USB-C, tentunya akan memudahkan para penggunanya. Tapi bagaimana jika Apple justru beralih sepenuhnya ke pengisi daya nirkabel dan hadir tanpa colokan? Bagaimana menurutmu?