RUMOR! Jaguar Land Rover Akan Gunakan Bodywork AMOLED

Bisa berubah warna sepuasnya!

Jaguar Land Rover kabarnya akan menggunakan layar AMOLED ke bodi mobilnya. Ini membuatnya bisa berubah warna sesuai selera pengguna.

Jaguar Land Rover adalah salah satu mobil terkenal di dunia. Untuk bisa mendapatkan mobil ini, calon pembeli harus mengeluarkan uang lebih banyak.

Sebagai mobil mahal, tentunya Land Rover memiliki berbagai keunggulan. Seperti baru-baru ini, perusahaan kabarnya akan menggunakan teknologi canggih ke dalam mobil tersebut.

Teknologi yang digunakan dalam mobil ini adalah layar AMOLED. Bukan digunakan untuk bagian dalam mobil, namun layar AMOLED justru digunakan pada bodi mobil.

Sumber Gambar : Tech Radar

Layar AMOLED di Bodi Jaguar Land Rover

Perusahaan saat ini tengah menguji coba penggunaan teknologi Lightweight Electronics in Simplified Architecture (LESA). Perusahaan mengklaim, teknologi ini mampu membuat interior mobil tanpa tombol.

Teknologi LESA juga memungkinkan wraparound dashboard. Teknologi ini dipadukan dengan layar AMOLED, sehingga bodywork mobil bisa berubah warna sesuai pilihan.

Sumber Gambar : Futuro Prossimo

LESA digunakan dalam proses pencetakan bahan non-logam. Selain itu, teknologi ini mampu mengurangi ukuran dan berat elektronik dalam mobil.

Teknologi ini juga bisa menambah lebih banyak sistem daripada biasanya. Salah satunya, penambahan layar tambahan dan panel surya untuk mengisi tenaga mobil.

Desain Interior

LESA bekerja menggunakan perangkat lunak Computer Aided Design (CAD). Teknologi ini secara virtual mampu membuka bagian dalam mobil (seperti setir) menjadi struktur dua dimensi.

Awalnya, sirkuit dan komponen tertentu dipetakan menjadi permukaan datar. Setelah itu, komponen tersebut secara virtual dikembalikan dalam bentuk 3D aslinya.

Selain itu, LESA digunakan untuk membuat prototipe panel kontrol overhead, membuat berat panel 60% lebih rendah dibanding desain biasa. Tebal panel kontrol juga lebih tipis, yakni 3,5mm.

Belum jelas kapan teknologi ini akan digunakan dalam produksi masal. Yang jelas, perusahaan memang berencana menggunakan teknologi tersebut.

β€œKesehatan, teknologi dan industri militer telah dimanfaatkan secara struktural. Kami ingin membawa semuanya ke mobil untuk pertama kalinya,” kata Manajer Teknis Jaguar Land Rover, Ashutosh Tomar.

Hm, lalu bagaimana menurut kalian dengan pengguna layar AMOLED ke bodi mobil? Menurut saya, hal tersebut sangat menarik. Sebab pengguna bisa mengubah warna mobil sesuai selera.