Zenbook 14 M3400 banner
Zenbook 14 M3400 banner
Zenbook 14 M3400 banner

Rumor: Fitur Kamera Periskop akan Hadir di iPhone 15 Pro Max

iphone 15 pro max periskop
Indri Penulis

Gosip terbaru mengatakan jika iPhone 15 Pro Max konon akan jadi satu-satunya ponsel Apple di tahun 2023 yang menggunakan lensa kamera periskop.

Kabar terbaru ini dibeberkan oleh Ming-Chi Kuo. Dalam keterangannya, Ming-Chi Kuo mengatakan jika iPhone 15 Pro Max benar-benar jadi menggunakan lensa kamera periskop, maka ponsel tersebut akan menyajikan peningkatan zoom optic yang sangat signifikan.

popculture.id

Sementara itu, rumor soal iPhone yang bakal pakai lensa periskop memang sudah beredar cukup lama, yakni tepatnya sejak awal 2020. Waktu itu rumor tersebut juga dibeberkan oleh Ming-Chi Kuo. Cuma awalnya, Kuo mengatakan kalau fitur tersebut akan jadi fitur di model iPhone 14 Pro. Tapi baru-baru ini, Kuo mengatakan kalau lensa tersebut bakal debut dalam model “Pro” dari iPhone 15 Series, prediksi yang juga dikatakan analis Jeff Pu.

Lebih lanjut, Apple kemungkinan akan terus menawarkan empat model ponsel pada tahun 2023 yang terdiri dari iPhone 14 6,1 inci, iPhone 15 Pro 6,1 inci, iPhone 15 Max 6,7 inci, dan juga iPhone 15 Pro Max 6,7 inci.

Lewat blog Medium-nya, Kuo menambahkan kalau ia kini benar-benar percaya kalau lensa periskop akan eksklusif untuk perangkat iPhone 15 Pro Max berukuran 6,7 inci. Kalau untuk model iPhone 15 Pro 6,1 inci nantinya akan menggunakan lensa telefoto untuk optic zoom.

Modul lensa periskop lengkap akan mencakup lensaa 1G2P ASP tinggi, dua prisma ASP tinggi, dan juga laras lensa,” tulis Kuo di Medium. “Material ASP tingkat tinggi adalah kunci utama dalam meningkatkan nilai output,” lanjutnya.

Nah buatmu yang penasaran sama lensa periskop, kenapa dia sampai-sampai bakal jadi fitur eksklusif di iPhone 15 Pro Max, saya akan kasih sedikit bocoran.

Jadi dalam sistem periskop, cahaya yang masuk ke lensa telefoto nantinya akan dipantulkan oleh cermin miring ke arah sensor gambar kamera. Perubahan arah cahaya memungkinkan pengaturan telefoto bisa ‘disimpan’ lebih lama di dalam ponsel. Hal ini memungkinkan pengguna memperbesar objek lebih jauh tanpa khawatir gambar bakal buram.

Lebih lanjut Ming-Chi Kuo mengatakan kalau sensor 1/3” ponsel iPhone 15 Pro Max nantinya akan memiliki resolusi 12MP dengan aperture f/2.8 dan optical zoom hingga 6x (iPhone 13 Pro cuma dibatasi sampai 3x optical zoom), serta masih ada juga fitur tambahan berupa sensor-shift stabilization.

Di sisi lain, pemakaian lensa periskop sudah bukan hal yang baru dalam industri smartphone. Pasalnya selama ini sudah ada beberapa smartphone Android yang hadir dengan lensa periskop. Contohnya?

Ada Samsung Galaxy S22 Ultra dengan fitur sampai 10x optical zoom dan 100x digital zoom. Dengan penambahan lensa periskop, iPhone 15 Pro Max kemungkinan nanti nggak akan beda jauh sama yang ada di ponsel Samsung Galaxy S22 Ultra.

Tapi masalahnya, Samsung sudah mematenkan lensa periskop bikinan mereka. Jadi kemungkinan Apple nggak akan memilih Samsung untuk memproduksi lensa periskop. Konon, Apple kini telah menggandeng 5 pemasok untuk mendapatkan lensa periskop dan juga fitur yang serupa. Dua di antaranya, Largan dan Genius diperkirakan bakal jadi pemasok utama lensa periskop untuk Apple di tahun 2023.

Setelah perilisan iPhone 15 Series, Kuo optimis kalau model iPhone 16 Pro di tahun 2024 nantinya juga akan menggunakan lensa periskop yang sama seperti generasi sebelumnya. Selain itu, Apple sepertinya juga akan melanjutkan strateginya untuk ‘memisahkan’ model standar dan Pro dari segi fitur perangkat kerasnya (salah satunya dalam hal pemakian chipset).

Sementara itu di tahun 2022, Apple diharapkan akan memperkenalkan iPhone 14 Pro dengan fitur lensa telefoto dan ultra-wide. Dengar-dengar Apple akan meningkatkan kamera telefoto dari lensa 6 elemen menjadi lensa 7 elemen.

Kuo juga percaya kalau model iPhone Pro tahun ini akan menampilkan lensa wide 48MP dan juga kemampuan perekaman video 8K, yang bakal jadi peningkatan super besar dibanding kamera wide 12MP yang ada di iPhone 13 Pro.

    %d blogger menyukai ini: