HP Bersiap Luncurkan Laptop Dengan Layar Lipat

Anom Penulis

Kategori laptop dengan layar lipat nampaknya akan semakin marak. Kabarnya, HP sedang mempersiapkan laptop dengan layar lipat berukuran 17 inci.

Setelah kita menyaksikan kehadiran layar lipat di smartphone, teknologi ini kelihatannya mulai merambah ke perangkat yang lebih besar, yaitu laptop. Walau laptop sejak dulu memang bisa dilipat, namun selalu ada bagian terpisah yaitu layar dan keyboard.

Namun saat ini sudah ada laptop dengan layar lipat. Ya, bayangkan seperti Samsung Galaxy Fold tapi ukurannya besar. Laptop seperti itu yang sudah hadir adalah ASUS ZenBook 17 Fold OLED dan Lenovo ThinkPad X1 Fold.

ASUS ZenBook 17 Fold OLED

Nah, sebentar lagi bakal ada pemain baru yang segera bergabung.

Menurut The Elec, perusahaan SK IE Technology asal Korea siap menyuplai lapisan film polyimide transparan untuk LG Display. Lapisan polymide itu akan menjadi bagian dari layar yang disuplai oleh LG Display untuk HP.

The Elec juga menyebutkan kalau layar pada laptop HP itu diperkirakan akan memiliki resolusi 4K (3840×2160) dengan ukuran 17 inci ketika terbuka dan 11 inci ketika dalam posisi tertutup (terlipat).

Walau begitu, kelihatannya jumlah laptop layar lipat HP ini belum akan banyak. Disebutkan bahwa SK IE Technology dan LG Display “hanya” akan memproduksi sekitar 10.000 layar untuk HP. Yah, mungkin HP baru sekedar “cek ombak” dengan kategori baru ini.

Selain HP, perusahaan lain yang kabarnya juga akan meluncurkan laptop dengan layar fleksibel adalah Samsung. Laptop Samsung Flex Note disebutkan akan meluncur tahun ini. Sebelumya Samsung sudah memamerkan konsep teknologi layar lipat terbaru di CES 2022.

Smartphone layar lipat, walau sudah hadir dari beberapa merek, tetap belum menjadi produk yang umum. Nah, bagaimana dengan laptop? Apa kamu sudah siap meninggalkan keyboard dan trackpad atau mouse?

    %d blogger menyukai ini: