Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Rumor Samsung Galaxy Tab S9 Rilis Paruh Kedua Tahun 2023

Samsung Galaxy S8 Series - Sumber: Samsung
Indri Penulis

Rumor mengatakan bahwa rilis Samsung Galaxy Tab S9 akan ditunda sampai paruh kedua tahun 2023. Kemungkinan bareng dengan ponsel layar lipat terbaru Samsung.

Samsung meluncurkan tablet premiumnya setiap tahun. Biasanya, Samsung meluncurkan jajaran tablet kelas atasnya berbarengan dengan Samsung Galaxy S-Series terbaru, yakni pada paruh pertama tahun (awal tahun).

Contohnya bisa kita lihat pada peluncuran Samsung Galaxy Tab S8 Series yang terdiri dari Galaxy Tab S8, Galaxy Tab S8+ dan Galaxy Tab S8 Ultra. Mereka semua diluncurkan awal tahun berbarengan dengan Samsung Galaxy S22 Series.

Namun sepertinya di tahun 2023 akan ada sedikit perbedaan. Rumor mengatakan bahwa Samsung akan menunda jadwal rilis tablet Galaxy Tab S9.

rumor samsung galaxy tab s9
Samsung Galaxy S8 Series – Sumber: Samsung

Dilansir dari The Elec (via SAMMOBILE), Samsung menunda pengembangan Samsung Galaxy Tab S9 Series. Artinya, peluncuran tablet tersebut juga akan tertunda.

Kabarnya penundaan ini disebabkan oleh penurunan permintaan untuk produk IT termasuk tablet. Bukan cuma itu, penurunan kondisi ekonomi global saat ini juga turut menjadi alasan penundaan pengembangan tablet tersebut.

Perusahaan riset pasar mengklaim kalau pengiriman tablet secara keseluruhan akan menurun tahun ini. Tapi sebaliknya, penjualan tablet premium dan ultra-premium kemungkinan bakal meningkat. DSCC (Display Supply Chain Consultants) mengatakan kalau penjualan tablet premium bisa naik dari 3% di tahun 2021, menjadi 4% di tahun 2022.

Di sisi lain, kabarnya rencana awal pengembangan Samsung Galaxy Tab S9 Series akan dilakukan Desember 2022. Dengan begitu tablet bisa diluncurkan pada awal tahun seperti jadwal sebelum-sebelumnya. Tapi karena adanya penundaan, akhirnya pengembangan tablet akan ditunda sampai awal tahun 2023.

Baca Juga:  Rumor: Samsung Galaxy Z Fold 4 dan Z Flip 4 Rilis 10 Agustus 2022

Ada kemungkinan jika Samsung berencana untuk meluncurkan tablet terbaru mereka pada paruh kedua 2023. Bisa jadi peluncuran akan berbarengan dengan Samsung Galaxy Z Fold 5 dan Galaxy Z Flip 5.

Sementara itu, Samsung Galaxy Tab S9 kabarnya masih akan hadir dengan 3 model. Mereka diprediksi terdiri dari Galaxy Tab S9, Galaxy Tab S9+ dan Galaxy Tab S9 Ultra.

Hm.. Buatmu yang menunggu rilis tablet ini, harap sabar ya. Soalnya kalau rumor kali ini benar, maka kamu harus menunggu sampai paruh kedua tahun 2023. Yah semoga saja spesifikasi dan fiturnya nggak mengecewakan. Sehingga semuanya sebanding dengan waktu tunggu perilisan yang lebih lama. Benar nggak?