Rumor! Samsung Siap Tinggalkan Android dan Ganti Fuchsia

Samsung kabarnya tengah bersiap untuk meninggalkan Android. Sebagai gantinya, Samsung akan beralih menggunakan Fuchsia OS.

Google memang telah lama dikabarkan mengembangkan OS selain Android, Fuchsia OS. OS tersebut pertama kali muncul di tahun 2016. Berbeda dengan Android dan Chrome OS yang menggunakna kernel Linux, Fuchsia menggunakan kernel Zircon sebagai dasarnya.

Sejak pertama kali muncul, beredar gosip kalau Fuchsia bakal menggantikan Android dan Chrome OS. Sayangnya Google nggak pernah meluncurkan Fuchsia secara resmi.

Namun menariknya pada bulan Mei 2021, Google tanpa pengumuman resmi justru meluncurkan Fuchsia OS di perangkat Nest Hub. OS ini bakal menggantikan Cast OS yang dipakai Nest Hub sebelumnya.

Lalu bagaimana dengan perusahaan lain yang biasanya menggunakan Android? Apakah mereka tidak memiliki rencana untuk hijrah ke Fuchsia OS?

Sepertinya ada salah satu perusahaan yang tertarik pindah ke Fuchsia OS, dan dia adalah Samsung. Bahkan baru-baru ini, Samsung sempat digosipkan siap tinggalkan Android dan hijrah ke Fuchsia OS.

Namun, transisi ini sepertinya tidak akan terjadi dalam waktu dekat. Sumber tersebut menyebutkan kalau dibutuhkan waktu beberapa tahun sebelum Samsung benar-benar mengadopsi OS open-source terbaru Google itu. Selain itu belum diketahui juga, apakah Fuchsia akan dibekali One UI atau skin milik Samsung lainnya atau nggak.

Ya, walaupun ini baru sekedar rumor, tapi rasanya masuk akal banget kalau suatu saat Samsung hijrah ke Fuchsia. Apalagi sepertinya Google memang β€˜sengaja’ ingin beralih ke platform baru yang dibikin berdasarkan Fuchsia.

Selain itu ada alasan spesial kenapa Google ingin hijrah ke Fuchsia. Pasalnya OS yang satu ini kompatibel dengan berbagai produk pintar seperti smartphone, tablet, komputer, dan IoT.

Di sisi lain, mungkin Samsung bukan satu-satunya OEM yang bakal meninggalkan Android. Mau nggak mau, mungkin vendor smartphone lainnya juga bakal hijrah ke Fuchsia. Tapi ya.. Mungkin waktunya masih lama banget.

%d blogger menyukai ini: