RUMOR! Samsung Tengah Mengembangkan Sensor Kamera 150MP

Samsung dikabarkan tengah mengembangkan sensor kamera 150MP. Kabarnya, sensor ini bakal diluncurkan pada kuartal keempat 2020.

Kalian sudah lihat spesifikasi yang ditawarkan Samsung Galaxy S20 Ultra? Smartphone ini memiliki sensor kamera 100MP dan menjadikannya ponsel terbaik dari Samsung.

Kalau dilihat dari review-nya, sensor 108MP sudah memiliki kemampuan yang bagus. Tapi bagaimana kalau ada lagi sensor kamera dengan resolusi 150MP?

Jadi beberapa waktu lalu, Samsung dirumorkan sedang mengembangkan sensor kamera 150MP. Wah, kalau rumor ini benar, bakal sehebat apa ya sensor itu?

Sumber Gambar : KL Gadget Guy

Sensor Kamera 150MP Samsung

Menurut rumor yang beredar, sensor 150MP ini memiliki jarak sekitar 1 inci. Sensor ini menggunakan teknologi Nonacell. Sama seperti yang dipakai oleh sensor SOCELL Bright HM1 Galaxy S20 Ultra.

Apa sih hebatnya sensor yang memakai teknologi Nonacell? Teknologi ini mampu menggabungkan sembilan piksel menjadi satu agar mencapai penyerapan cahaya yang lebih tinggi.

Karena sensor kabarnya punya resolusi 150MP, pengambilan gambar akhir secara teknis harus punya jumlah piksel sekitar 16MP. Berbeda dengan ISOCELL BRIGHT HM1 yang hanya memberikan bidikan 12MP.

Sayangnya menurut SAMMOBILE, sensor ini hanya dibuat untuk klien Samsung di Cina. Itu artinya tidak ada yang tahu, apakah Samsung akan menggunakan sensor ini dalam produk globalnya atau tidak.

Di sisi lain, pengembangan piksel yang lebih besar sepertinya akan menumbuhkan persaingan sengit antar vendor smartphone. Sebab beberapa tahun ini, perlombaan lebih banyak piksel hampir hilang.

Oya, selain Samsung, rupanya Xiaomi kabarnya juga bakal memakai sensor ini. Xiaomi bakal menjadi perusahaan ketiga yang memakai sensor ini, untuk produknya yang diluncurkan Q4 2020.

Lalu bagaimana dengan perusahaan lain? Perusahaan seperti Vivo dan Oppo kabarnya juga bakal memakai sensor ini. Tapi sensor ini baru diterapkan untuk produk keluaran kuartal pertama 2021.

%d blogger menyukai ini: