Rumor: Samsung Galaxy Z Fold 4 Punya Sensor Sidik Jari Dalam Layar

Ada rumor terbaru soal Samsung Galaxy Z Fold 4. Kabarnya smartphone ini bakal hadir dengan sensor sidik jari di dalam layar.

Samsung Galaxy Z Fold 3 boleh dibilang sebagai smartphone lipat yang kaya akan fitur. Sayangnya, dia kehilangan satu fitur penting dari smartphone kelas atas. Apa itu? Yakni fitur sensor sidik jari di bawah layar.

Tapi sepertinya kejadian itu nggak bakal terjadi pada penerusnya. Kemungkinan Samsung Galaxy Z Fold 4 akan menghadirkan fitur sensor sidik jari dalam layar.

Gosip ini dibeberkan pertama kali oleh LetsGoDigital. Mereka menemukan paten terbaru Samsung di situs Web Intellectual Property Organization (WIPO).

Sumber : LetsGoDigital

Paten tersebut membahas soal sensor sidik jari dua sisi. Jadi artinya, sensor ini akan ada di antara layar penutup dan utama. Karena layar penutup pakai panel AMOLED konvensional, seharusnya nggak masalah mengatur sidik jari seperti ponsel lainnya.

Sumber : LetsGoDigital

Nah, ilustrasi di atas bakal memberi kita sedikit gambaran tentang bagaimana letak sensor sidik jari bakal diposisikan. Lebih lanjut, LetsGoDigital juga menambahkan kalau kedua sensor bakal berinteraksi dengan mainboard PCB (printed circuit board).

Sementara itu, paten memang nggak secara jelas mencantumkannya. Tapi menurut situs SAMMOBILE, Samsung mungkin dapat mengkombinasikan sensor sidik jari ultrasonik dan optik.

Tampilan sampul / layar sekunder dapat menggunakan sensor sidik jari ultrasonik, sedangkan layar utama menggunakan sensor sidik jari optik.

Wah semoga saja rumor ini benar ya. Kalau rumornya benar, berarti Z Fold 4 bakal jadi ponsel lipat pertama di dunia yang pakai sensor sidik jari layar. Ya, setidaknya kalau nggak ada ponsel lain yang rilis dengan fitur seperti itu lebih dulu.

%d blogger menyukai ini: