Rumor: Samsung Bikin Smartwatch dengan Solar Cell (Bertenaga Surya!)

Ada gosip baru yang mengatakan kalau Samsung sedang bikin smartwatch dengan solar cell. Itu artinya, jam ini bakal bertenaga surya.

Kabar tersebut pertama kali dibeberkan oleh LetsGoDigital. Situs tersebut mengatakan kalau Samsung telah mengajukan paten sejak tahun 2019 ke United States Patent and Trademark Office (USPTO). Tapi USPTO baru menerbitkannya pada tanggal 16 September lalu.

Paten tersebut menampilkan smartwatch Galaxy generik dengan tali pergelangan tangan, yang disematkan dengan solar cell. Sayangnya paten tersebut nggak menjelaskan secara rinci seberapa efisien sistemnya.

Dikutip dari SAMMOBILE, mungkin konsep dari paten tersebut adalah menyediakan daya tambahan pada smartwatch menggunakan solar cell.

Sumber : LetsGoDigital

Kalau dipikir-pikir, mungkin daya tambahan yang dihasilkan oleh solar cell belum bisa menggantikan port pengisian standar secara utuh. Kemungkinan solar cell hanya mampu menambah daya beberapa persen saja.

Walau begitu, gagasan Samsung patut diacungi jempol lho. Karena dengan pemakaian solar cell, maka smartwatch Samsung bakal jauh lebih ramah lingkungan. Selain itu ini bisa dijadikan alternatif buat mereka yang mungkin berada jauh dari colokan listrik atau nggak punya wireless charger.

Nah pertanyaanya, apakah Samsung berencana bikin Galaxy Watch 5 bertenaga surya? Hmm.. Sebenarnya masih terlalu dini buat menyimpulkan hal itu sih. Toh, seri Galaxy Watch 4 juga baru saja dirilis.

Namun di sisi lain, ada kemungkinan kalau teknologi ini benar-benar bakal dipakai di smartwatch Samsung masa depan. Apalagi makin ke sini, Samsung terus berusaha meningkatkan kebijakan yang ramah lingkungan. Bahkan Samsung juga berhasil mencapai 100% energi yang bisa dipakai kembali pada pabriknya di AS, Eropa dan China.

Selain itu, ini bukan pertama kalinya Samsung memanfaatkan solar cell. Sebelumnya raksasa teknologi Korsel itu berhasil mengadopsi tenaga surya untuk produk remote TV QLED yang meluncur awal tahun ini.

Yah kita tunggu saja. Waktu bakal memberi tahu apakah Samsung memang serius menerapkan sel surya ke perangkat wearable masa depan atau tidak.

%d blogger menyukai ini: