Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Tanpa Poni, Rumor Tampilan iPhone SE 2023 Bakal Pakai Punch-Hole

Indri Penulis

Rumor tampilan iPhone SE 2023 baru-baru tersebar. Ponsel ini tak akan lagi pakai ‘poni’ dan sebagai gantinya bakal gunakan punch-hole.

Generasi kedua iPhone SE yang rilis tahun 2020 menyajikan layar LCD 4,7 inci dengan bezel tebal di bagian atas dan bawah. Seri lain yang diperkirakan bakal rilis tahun 2022, kabarnya akan mempertahankan desain yang sama (mungkin dengan peningkatan dapur pacu dan konektivitas 5G).

Sedangkan menurut rumor yang beredar, iPhone SE edisi 2023 akan menyajikan perubahan drastis dari segi tampilan desain dan juga beberapa fiturnya.

Gosip ini pertama kali dibocorkan oleh 9to5Mac. Situs tersebut membeberkan gambar yang diduga adalah desain iPhone SE 2023.

  • rumor tampilan iphone se 2023
  • rumor tampilan iphone se 2023

Berdasarkan gambar yang dibagikan oleh 9to5Mac, edisi 2023 bakal menawarkan layar yang lebih besar yakni 6,1 inci. Satu hal yang menarik adalah ponsel ini tak lagi memakai poni seperti pendahulunya. Sebagai gantinya, ponsel ini justru memakai punch-hole di tengah layar sebagai tempat kamera selfie.

Wah, cukup menarik ya. Ini adalah pertama kali iPhone memakai desain layar punch-hole (kalau gambar konsep di atas benar-benar jadi kenyataan). Sebelumnya, ponsel besutan Apple selalu pakai takik/poni. Kalau jadi pakai punch-hole, tentu tampilan layar bakal lebih luas dan terkesan bersih.

iPhone SE 2023 kabarnya juga tak akan hadir dengan teknologi Face ID. Sebagai gantinya, ponsel ini bakal mengandalkan Touch ID yang disisipkan ke tombol Power (seperti di iPad Air 2020).

Dalam rangka memangkas bezel atas, Apple sepertinya juga akan mengubah posisi speaker-nya. Kalau biasanya speaker iPhone ada di bezel atas, di iPhone SE 2023 speaker-nya pindah ke tepi/bodi bagian atas.

Sementara itu, menurut analis Ming-Chi Kuo, desain layar punch-hole bakal memulai debut pertamanya di iPhone 14 Series (yang kemungkinan juga akan rilis tahun 2023). Baru setelah itu, layar punch-hole akan hadir di iPhone SE 2023.