Susul Galaxy S21 Ultra, Samsung Galaxy Z Fold 3 Bakal Dukung S Pen

Samsung Galaxy Z Fold 3 dirumorkan akan mendukung S Pen. Jika benar, Fold 3 akan bergabung dengan Galaxy S21 Ultra menjadi ponsel dengan S Pen.

2020 adalah tahun yang baik untuk Samsung, khususnya untuk seri flagship-nya. Katakanlah seperti Samsung Galaxy S20 Series, Galaxy Note 20 Series, dan Galaxy Z Fold 2. Mereka semua berhasil mendapat respon positif dari masyarakat.

Namun jika diamati lebih dekat, ketiga seri ini memiliki beberapa fitur yang sama. Membuat fungsi mereka seolah-olah ‘tumpang tindih.’ Menyadari hal ini, Samsung kabarnya akan menghadirkan pembaruan besar pada seri flagship masa depannya.

Rumor pertama berasal dari Samsung Galaxy S21 Ultra, di mana ponsel ini akan mendukung S Pen. Rumor yang sama rupanya juga berlaku untuk Samsung Galaxy Z Fold 3.

Lalu bagaimana nasib Galaxy Note masa depan?

Sumber Gambar : PhoneArena

Rumor Samsung Galaxy Z Fold 3 Dukung S Pen

Sebelum saya membahas tentang Galaxy Z Fold 3, desas-desus soal penghentian Galaxy Note sempat santer beredar lho. Rumor ini muncul tak lama setelah peluncuran Samsung Galaxy Note 20. Tapi hal itu masih menjadi rumor sampai sekarang.

Lalu baru-baru ini, ada laporan baru yang berasal dari South Korea (via XDA-Developers). Katanya salah seorang pejabat Samsung Group telah mengkonfirmasi beberapa rumor.

Pertama, Samsung Galaxy Z Fold 3 direncanakan rilis pada Juni 2021. Bahkan sampel akhir untuk produksi massal telah memasuki tahap pengembangan.

Selanjutnya, Galaxy Z Fold 3 akan datang dengan Under Display Camera. Ini berbeda dengan rumor pertama, di mana Galaxy Z Fold 3 akan menampilkan kamera pop-up.

Lebih lanjut lagi, Samsung Galaxy Z Fold 3 akan datang dengan S Pen. Ponsel ini bahkan hadir dengan slot untuk S Pen. Itu artinya, cara kerja bodi ponsel akan sama seperti Galaxy Note saat ini.

Samsung kabarnya juga telah mengembangkan generasi kedua dari Ultra-Thin Glass. Teknologi ini akan menempatkan in-screen digitizer untuk pengenalan S Pen. Teknologi ini juga akan melindungi layar dari goresan S Pen.

Dukungan S Pen juga akan hadir di Samsung Galaxy S21 Ultra. Tapi ponsel ini tidak memiliki slot khusus S Pen seperti Galaxy Z Fold 2. Sebagai gantinya, S Pen dijual terpisah dan beberapa casing resmi akan menyediakan slot S Pen.

Nah kalau semua rumor di atas benar, bukankah Galaxy Note akan kehilangan identitasnya? Padahal selama ini satu-satunya identitas dari Galaxy Note adalah memiliki S Pen. Inilah yang membuat banyak orang memprediksi tahun depan tidak ada lagi Galaxy Note baru.

%d blogger menyukai ini: