Bocoran Desain Samsung Galaxy Z Fold 3 dengan Kamera Pop-Up

Bocoran smartphone Samsung Galaxy Z Fold 3 telah beredar. Rumornya, smartphone lipat ini akan mengusung kamera pop-up.

Samsung Galaxy Z Fold 2 saat ini menjadi salah satu ponsel lipat teranyar Samsung. Bagaimana tidak, smartphone ini baru saja diluncurkan beberapa bulan lalu.

Menuju penghujung tahun 2020, Samsung sepertinya telah mempersiapkan penerusnya Galaxy Z Fold 2. Apalagi baru-baru ini telah muncul bocoran seputar Samsung Galaxy Z Fold 3 (penerus Z Fold 2). Seperti apa bocorannya?

Bocoran Samsung Galaxy Z Fold 3

Beberapa waktu yang lalu, kantor paten WIPO (World Intellectual Property Office) menunjukkan bahwa Samsung sedang membangun sistem kamera pop-up untuk Z Fold 3.

Sebenarnya paten ini telah diajukan pada pertengahan April lalu. WIPO mempublikasikan paten ini pada bulan Oktober.

Sumber Gambar : SAMMOBILE

Sketsa yang ditampilkan oleh WIPO cukup detail. Saking detailnya, terlihat jelas jika perangkat ini sangat mirip dengan Galaxy Z Fold 2.

Walau terlihat mirip, tapi Z Fold 2 dan Z Fold 3 tetap memiliki perbedaan. Perbedaan yang paling mencolok ada pada desain layar yang tidak mengadopsi tampilan Infinity-O.

Sumber Gambar : SAMMOBILE

Sebagai gantinya, kamera selfie pada Z Fold 3 pun diletakkan dalam sebuah modul kamera pop-up. Modul ini muncul di salah satu bagian ponsel yang dapat dilipat.

Sumber Gambar : SAMMOBILE

Sementara itu, Samsung sepertinya juga tengah menjajaki fungsi lain dari modul pop-up mereka. Dilihat dari sketsa lainnya, kamera pop-up Z Fold 3 muncul dari setengah bodi ponsel yang dijadikan sampul.

Sumber Gambar : SAMMOBILE

Sedangkan sketsa lainnya menunjukkan Z Fold 3 bisa menyembunyikan modul kamera pop-up di bagian lain. Lalu ada juga beberapa sketsa yang mengungkapkan kamera pop-up akan menggantikan sistem kamera belakang utama.

Tidak Bisakah Z Fold 3 Pakai Kamera di Bawah Layar?

Seperti yang kalian tahu, beberapa vendor saat ini telah mengembangkan smartphone dengan kamera di bawah layar. Karena teknologi ini, layar smartphone jadi bersih tanpa notch atau takik.

Diawali dengan ZTE Axon 20 5G yang menjadi ponsel pertama dengan kamera di bawah layar. Kemudian vendor lains eperti Xiaomi, OPPO, realme dan Huawei pun kabarnya tengah mempersiapkan ponsel dengan teknologi serupa.

Berbagai pihak pun berharap jika Samsung menghadirkan ponsel dengan kamera di bawah layar. Ya kabarnya sih, teknologi ini โ€˜sempatโ€™ akan dipakai di Galaxy Z Fold 2. Namun Samsung mengesampingkan ide ini karena keterbatasan teknis.

Mungkin untuk saat ini, Samsung bakal fokus dulu ke modul kamera pop-up. Baru setelah itu, mereka akan menggunakan teknologi kamera di bawah layar dan memproduksinya secara massal.

banner cybersport
%d blogger menyukai ini: