Samsung Galaxy Note 21 Tidak Akan Meluncur Tahun Ini

Ada kabar mengecewakan bagi mereka yang menunggu Samsung Galaxy Note terbaru. Samsung Galaxy Note 21 tidak akan meluncur tahun ini.

Pada rapat umum pemegang saham tahunan di Seoul, pimpinan Samsung, Koh Dong-jin (DJ Koh), menyebutkan kalau perusahaan asal Korea itu akan menghadapi kendala dalam ketersediaan keping semikonduktor pada paruh kedua tahun 2021.

Hal ini merupakan salah satu akibat dari pandemi Covid-19 yang melanda sepanjang tahun lalu. Para produsen chipset, seperti Qualcomm, Samsung, dan TMSC, mendapat imbas dari permasalahan ini.

Sehubungan dengan masalah ini, Koh Dong-jin pun menyatakan, “Samsung Note duduk pada posisi produk kelas atas pada portofolio bisnis mereka. Akan menjadi beban jika (Samsung) mengumumkan dua model flagship dalam satu tahun, sehingga akan sulit merilis seri Note di paruh tahun kedua. Waktu pengumuman bisa diubah, tapi kami berencana merilis seri Note tahun depan.”

Menariknya, laporan Bloomberg menyebutkan kalau Koh juga menyatakan bahwa urungnya rilis Galaxy Note 21 juga merupakan usaha Samsung menyelaraskan jajaran seri smartphone mereka.

Memang, sudah beredar berbagai rumor kalau Samsung akan menghapus lini Note dari jajaran smarphone mereka. Spekulasi ini semakin kuat ketika Samsung Galaxy S21 Ultra mendukung S Pen, yang sebelumnya jadi ciri khas Note.

Samsung Galaxy S21 Ultra dengan S Pen

Selain itu masih ada lini ponsel lipat yang kelihatannya akan menjadi landasan lini baru smartphone Samsung. TM Roh sudah memberi konfirmasi kalau lini ini akan tersedia lebih luas lagi.

Jadi, mungkin Samsung baru akan merilis seri Galaxy Note baru tahun 2022 (entah apakah masih memakai nomor seri 21 atau tidak). Namun jangka waktu itu masih terhitung lama. Sehingga nasib seri Note masih belum menentu.

Quo vadis, Galaxy Note?

%d blogger menyukai ini: