Samsung Galaxy S9 dan S9+ Membawa Fitur Kamera Baru

Samsung Galaxy S9 S9+

Samsung mengumumkan smartphone andalan terbarunya Samsung Galaxy S9 dan S9+ di acara MWC 2018 di Barcelona. Dengan berbagai fitur baru, Samsung kembali menyatakan dirinya sebagai salah satu yang terbaik.

Sudah begitu banyak bocoran handphone Samsung terbaru ini beredar. Sampai kita mungkin tidak terkejut lagi begitu melihatnya. Tapi apakah memang begitu?

Desain Khas Samsung Galaxy S

Sempat ada rumor kalau desain Samsung Galaxy S9 dan S9+ akan mengalami sedikit perubahan. Mungkin kamu memperhatikannya di salah satu bocoran foto yang beredar. Bingkai layar sedikit berubah.

Namun bocoran foto berikutnya menunjukkan desain yang nyaris sama dengan Galaxy S8. Keputusan ini tepat, karena inilah Samsung Galaxy S. Inilah Infinity Display khas Samsung. Inilah yang membuatnya ditiru oleh smartphone lain.

samsung galaxy s9+ lilac purple
Samsung Galaxy S9+ Lilac Purple

Desain Samsung Galaxy S9 dan S9+ hanya membawa sedikit perubahan. Yaitu posisi fingerprint scanner yang sekarang berada di bawah kamera. Posisi yang disebut lebih pas dari sebelumnya.

Layar Samsung Galaxy S9 memiliki ukuran 5.8 inci Quad HD + Curved Super AMOLED, 18.5:9 (570ppi). Sementara Samsung Galaxy S9+ memiliki ukuran 6.2 inci Quad HD + Curved Super AMOLED, 18.5:9 (529ppi). Seperti sebelumnya, keduanya sama-sama memiliki sertifikasi IP68 (tahan air dan debu).

[irp posts=”50331″ name=”5 Handphone Baru Nokia di Tahun 2018″]

Spesifikasi Samsung Galaxy S9 dan S9+ yang Kekinian

Kalau dari penampilan tidak terlalu banyak perubahan, kedua handphone ini punya banyak hal menarik baru di bagian dalam.

Pertama, keduanya sama-sama menggunakan prosesor Exynos 9810 Octa-core (khusus Amerika dan Cina menggunakan Snapdragon 845). Lalu keduanya juga memiliki 3 fitur keamanan, yaitu: Pemindai iris mata, sidik jari dan pengenalan wajah. Keduanya pun mendukung suara surround 360° dengan teknologi Dolby Atmos.

Samsung Galaxy S9 dan S9+ sama-sama memiliki pilihan penyimpanan 64/128/256 GB dengan dukungan SD card sampai 400 GB. Galaxy S9 hadir dengan RAM 4 GB dan baterai 3000mAh, sedangkan Galaxy S9+ hadir dengan RAM 6 GB dan baterai 3500mAh. Keduanya mendukung fast charging dan wireless charging.

Bicara soal spesifikasi memang akan panjang. Kita bahkan belum membahas kamera.

spesifikasi samsung galaxy s9 dan s9+
Spesifikasi Samsung Galaxy S9 dan S9+

Di sisi kamera inilah Samsung menunjukkan sedikit kejutan.

Oke, pertama mari kita lihat spesifikasi umum kameranya. Samsung Galaxy S9 memiliki kamera belakang 12 MP (f/1.5-2.4, 26mm, 1/2.5″, 1.4 µm, Dual Pixel PDAF), OIS, LED flash. Sedangkan Samsung Galaxy S9+ punya kamera ganda 12 MP (f/1.5-2.4, 26mm, 1/2.55″, 1.4 µm, Dual Pixel PDAF) + 12MP (f/2.4, 52mm, 1/3.6″, 1 µm, AF), OIS, 2x optical zoom, LED flash.

Apa kamu memperhatikan sesuatu yang unik? Ya, kedua handphone baru Samsung ini memiliki pilihan bukaan rana kamera.

Karena konstruksi handphone yang tipis, biasanya bukaan rana atau diafragma kamera bernilai tetap alias cuma satu. Tapi Samsung menggebrak dengan memberi dua pilihan diafragma. Dengan demikian, handphone ini akan menyesuaikan kadar cahaya ketika kamu memotret. Selain itu, dengan bukaan yang lebih besar kamu juga bisa membuat efek bokeh dengan lebih baik.

Yang tidak kalah dahsyat dari fitur kamera ini adalah kemampuan merekam video Super Slow-mo. Kamera Samsung Galaxy S9 dan S9+ bisa merekam sampai 960 frame per second! Kemampuan seperti itu selain membuat gerakan super lambat, juga membuat transisinya lebih halus.

Fitur terakhir yang mau saya bahas di sini, walau menarik, agak kurang unik. Kedua handphone ini memiliki fitur AR Emoji. Yaitu emoji augmented reality yang mengikuti gerak wajah kita. Merasa familiar? Tidak heran. Fitur ini mirip dengan Animoji yang ada di iPhone X.

Selain fitur-fitur di atas, Samsung juga kembali membawa beberapa teknologi yang sebelumnya sudah hadir. Seperti Bixby dan Samsung Dex. Terus terang saja, fitur ini di kehidupan sehari-hari masih belum berfungsi praktis.

Nah, itulah handphone terbaru Samsung. Secara keseluruhan, saya masih suka dengan desain Samsung Galaxy S. Menurut saya, saat ini masih tetap salah satu yang terbaik. Teknologi kamera baru yang ada (pilihan bukaan dan Super Slow-mo) merupakan hal paling menarik.

Samsung Galaxy S9 dan S9+ akan mulai tersedia sekitar bulan Maret 2018. Pilihan warnanya adalah Midnight Black, Titanium Gray, Coral Blue dan warna baru Lilac Purple. Silakan kunjungi website Samsung untuk info lebih detil

%d blogger menyukai ini: