Samsung Galaxy Z Fold 3 – S Pen, Kamera Bawah Layar, dan Tahan Air

Galaxy Z Fold3 KV (5G)
Anom Penulis

Pada tanggal 11 Agustus 2021 waktu Korea, smartphone Samsung Galaxy Z Fold 3 β€” atau resminya ditulis Fold3 β€” resmi diumumkan. Ponsel lipat generasi terbaru ini kini mendukung S Pen yang biasanya menjadi fitur khas seri Galaxy Note.

Ponsel lipat kini sudah menjadi produk unggulan Samsung. Hal ini terbukti dengan peluncuran dua ponsel lipat Galaxy Z Fold 3 dan Flip 3, sementara peluncuran Galaxy Note terbaru ditangguhkan. Hal ini membuat fans Note ketar-ketir, takut perangkat favoritnya dihapus, sampai membuat petisi agar Samsung tetap mempertahankan lini tersebut.

Toh harus diakui, lini Fold semakin populer dan menjadi simbol gengsi tersendiri. Jadi, mari kita tengok bersama-sama.

Fitur & Spesifikasi

Sebagai produsen layar nomor satu di dunia, Samsung jelas tidak malu-malu melengkapi ponsel lipat terbarunya ini. Baik di luar maupun di dalam, layar Galaxy Z Fold 3 merupakan layar Dynamic AMOLED 2X yang mendukung refresh rate 120Hz dan dilindungi oleh Corning Gorilla Glass Victus.

Ini merupakan perkembangan yang lebih baik dari Galaxy Z Fold 2 yang punya layar dengan fitur berbeda di bagian depan dan dalam.

Yang menarik, Samsung juga memperkenalkan kamera bawah layar (UDC / Under Display Camera) di ponsel ini. Tepatnya di layar bagian dalam (sisi samping). Kamera bawah layar itu memiliki resolusi 4MP. Walau tidak terlalu impresif secara kualitas, seperti juga lini ponsel lipat ini, hal tersebut jadi terobosan tersendiri bagi Samsung.

Sementara itu, kamera selfie di bagian luar berkualitas 10MP dan juga ada tiga kamera yang merupakan kamera 12MP Ultra Wide, 12MP Wide-angle, dan 12MP Telephoto. Tiga kamera itu dilindungi oleh Gorilla Glass DX.

Nah, seperti yang sudah disebut di atas, Samsung memberi dukungan S Pen pada ponsel lipat terbarunya ini. Ada dua pilihan pena tersedia: S Pen Fold Edition dan S Pen Pro. Keduanya dilengkapi teknologi yang bisa fleksibel dengan tekanan sehingga aman untuk layar.

Masih ada fitur menarik lain. Samsung Galaxy Z Fold 3 juga merupakan ponsel lipat pertama yang tahan air. Ponsel ini mendapat sertifikasi IPX8, yang artinya bisa bertahan di air jernih sampai kedalaman 1,5 meter dan sampai 30 menit.

Namun, berhubungan dengan sistem engsel, ponsel ini belum mendapat sertifikasi anti debu / pasir. Itu sebabnya nama sertifikasinya berbeda.

Selain fitur di atas, ponsel lipat ini juga menawarkan spesifikasi internal khas kelas premium. Misalnya chipset Qualcomm Snapdragon 888, RAM 12GB, kapasitas penyimpanan sampai 512GB, dan baterai 4400mAh yang dilengkapi fast charging 25W, wireless fast charging 10W, dan reverse wireless charging 4,5W.

Harga dan Varian

Ponsel lipat terbaru Samung ini hadir dalam 3 pilihan warna, yaitu Phantom Black, Phantom Green, dan Phantom Silver. Dari sisi spesifikasi, terdapat dua pilihan, yaitu dengan kapasitas 256GB dan 512GB.

Harga Samsung Galaxy Z Fold 3 varian 12GB + 256GB adalah Rp 24.999.000, sedangkan varian 12GB + 512GB adalah Rp 26.999.000. Pre-order sudah bisa dilakukan.

Nah, silakan kunjungi situs resmi Samsung kalau memang berminat.

    %d blogger menyukai ini: