Samsung Join MTA Integrasikan Quick Share ke Ponsel “Non-Samsung”

Samsung akhirnya resmi bergabung ke MTA untuk mengintegrasikan fitur Quick Share ke ponsel lain (yang non-Samsung).

Dalam urusan berbagi file secara nirkabel, Samsung sebenarnya sudah punya fitur Quick Share. Fitur ini digunakan untuk berbagi file secara cepat ke sesama ponsel, tablet dan laptop Samsung Galaxy.

Tapi bagaimana ceritanya kalau misalnya kamu pengin berbagi file ke ponsel lain (non-Samsung)? Untuk masalah ini, kamu bisa coba fitur Nearby Share dari Google. Sayangnya, fitur ini masih dianggap ‘lelet’ alias tak secepat Quick Share.

Namun tenang, sebentar lagi kamu mungkin tak perlu lagi pakai Nearby Share untuk berbagi file ke ponsel lain. Karena Samsung kini telah resmi bergabung ke MTA.

MTA (Mutual Transmission Alliance) adalah aliansi yang dibentuk oleh beberapa vendor smartphone, yang pengin menciptakan sistem transfer file antar perangkat dan antar merek, hanya dengan satu klik. Jadi perangkat dari setiap anggota MTA bisa saling mengirim berkas dengan mudah.

Sumber : SAMMOBILE

Awalnya, aliansi ini bernama PTA (Peer-to-peer Transmission Alliance) dan cuma diisi tiga vendor yakni Xiaomi, OPPO dan Vivo. Tapi kini setelah berganti nama menjadi MTA, aliansi tersebut telah menjangkau lebih banyak vendor seperti ASUS, Black Shark, Hisense, MEIZU, OnePlus, realme, ZTE, dan Samsung tentunya.

Harapannya setelah bergabung ke MTA, Samsung dapat mengintegrasikan fitur Quick Share mereka untuk berbagi fle secara mulus dengan smartphone, tablet, atau laptop yang dibikin perusahaan (anggota MTA) lain.

Bicara soal MTA, sistem yang dibikin MTA menggunakan teknologi Bluetooth LE untuk memindai perangkat terdekat ‘yang kompatibel.’ Untuk proses berbagi file-nya, sistem ini pakai koneksi P2P berbasis Wi-Fi Direct.

Menariknya setelah diuji coba, ternyata rata-rata kecepatan berbagi file pakai sistem MTA mencapai 20Mbps. Sistem ini juga bisa mendukung berbagi file audio, dokumen, gambar, video, dll.

Sampai saat ini, Samsung belum membeberkan kapan mereka berencana meluncurkan sistem berbagi file yang baru. Yah jadi untuk sementara waktu, tak ada salahnya untuk pakai Nearby Share dari Google dulu.

%d blogger menyukai ini: