Samsung Resmi Kenalkan DRAM LPDDR5X Pertama di Dunia

Samsung resmi mengenalkan chip DRAM LPDDR5X pertama di dunia. Wah, kira-kira apa yang membedakannya dengan LPDDR5 biasa?

Pernah dengar soal DRAM LPDDR5? Buat yang mengikuti update-update soal ponsel flagship, pasti sudah nggak asing dengan DRAM LPDDR5. Dia adalah RAM yang diklaim paling cepat dan hemat daya ‘untuk saat ini.’

Namun kejayaan DRAM LPDDR5 sepertinya akan segera kandas. Pasalnya baru-baru ini Samsung mengumumkan kalau mereka telah berhasil mengembangkan chip DRAM LPDDR5X pertama di dunia.

Samsung mengklaim kalau DRAM LPDDR5X mampu menawarkan kinerja 1,3x lebih cepat, konsumsi daya 20% lebih rendah dibanding DRAM LPDDR5 biasa.

Sumber : Samsung News

Lebih lanjut, Samsung juga bilang kalau chip memori terbarunya ini dibuat dengan proses 14nm. Nggak cuma itu, setiap chip juga memiliki kapasitas 16GB. Sementara setiap paket memori dapat memiliki kapasitas maksimal hingga 64GB.

LPDDR5X Samsung menawarkan kecepatan 8,5Gbps. Inilah yang membuatnya diklaim 1,3x lebih cepat dari LPDDR5 yang hanya 6,4Gbps.

Terus bisa dipakai untuk apa LPDDR5X? Chip DRAM terbaru ini dapat digunakan di smartphone, tablet dan laptop. Oya, bahkan menurut Hwang Sang Joon, Wakil Presiden Senior dan Kepala Tim Desain DRAM Samsung Electronics mengatakan kalau DRAM ini juga cocok buat perangkat AR/MR/VR lho.

Dalam beberapa tahun terakhir, segmen pasar hyperconnected seperti AI, augmented reality (AR) dan metaverse, yang mengandalkan pemrosesan data skala besar dan cepat, telah berkembang pesat,” kata Hwang Sang Joon.

LPDDR5X kami akan memperluas penggunaan memori berperforma tinggi dan berdaya rendah di luar smartphone, dan menghadirkan kemampuan baru ke aplikasi edge berbasis AI seperti server dan bahkan mobil,” lanjutnya.

Untuk debutnya di perangkat Samsung, beberapa pihak memperkirakan kalau chip DRAM ini akan debut di jajaran ponsel Samsung Galaxy S22 tahun depan. Pasalnya chip memori generasi sebelumnya – LPDDR5 – digunakan pada seri Samsung Galaxy S20 dan Galaxy S21.

%d blogger menyukai ini: