Samsung Akan Luncurkan Ponsel Lipat Lain Tahun Depan

Smartphone revolusioner Samsung Galaxy Fold mengalami penundaan rilis paska diumumkan karena ketahuan bermasalah. Namun, selain memperbaiki ponsel itu, Samsung kelihatannya masih punya rencana untuk ponsel lipat lain di tahun depan.

Samsung Galaxy Fold adalah smartphone yang kalau dibuka akan menjadi berbentuk seperti tablet kecil. Jadi bentuknya sebagai smartphone adalah memanjang.

Bloomberg melaporkan kalau ponsel lipat Samsung berikutnya akan berbeda dari Galaxy Fold. Alih-alih memakai konsep smartphone menjadi tablet, versi ini lebih mengacu pada ponsel flip alias clamshell jaman dulu.

Saat terlipat, ponsel akan berbentuk kotak. Ketika dibuka, ponsel akan memiliki layar sebesar 6,7 inci. Bloomberg menyebutkan kalau Samsung ingin agar ponsel ini lebih tipis dari Galaxy Fold. Samsung juga bekerja sama dengan perancang asal Amerika, Thom Browne.

bocoran paten ponsel lipat samsung
Bocoran paten ponsel lipat Samsung

Selain itu, ponsel lipat versi baru ini disebut akan memiliki lubang kamera (Infinity-O Display) seperti Galaxy S10. Sedangkan di bagian luar (atau belakang kalau dibuka), akan terdapat sistem kamera ganda.

Dari gambaran tersebut, kita bisa mengingat bocoran paten milik Samsung beberapa waktu lalu. Gambar skema yang ada di paten mirip dengan deskripsi tersebut.

Kalau melihat konsep tersebut, ponsel lipat baru Samsung ini nampak mirip dengan rencana ponsel lipat Motorola RAZR yang dikembangkan oleh Lenovo. RAZR sendiri terinspirasi dari versi orisinalnya jaman dulu yang berbentuk flip phone.

D sisi lain, kita belum melihat bagaimana Galaxy Fold benar-benar berhasil berfungsi paska perbaikan. Jadi model lipatan ke dalam ini juga masih menjadi pertanyaan. Apalagi Samsung berniat membuatnya lebih tipis.

Secara umum, walau sudah digembar-gemborkan lama, ponsel lipat belum hadir secara nyata. Huawei Mate X pun mengalami penundaan. Walau Xiaomi dan OPPO juga menunjukkan prototipe mereka, kabar mengenai ponsel itu pun belum berlanjut.