Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Samsung Pamer Engsel Layar 360 Derajat di Ponsel Foldable, Debut Tahun Ini?

engsel layar 360 derajat
Gambar Oleh: The Verge
Indri Penulis

Samsung pamer engsel layar 360 derajat di ponsel foldable. Diprediksi bakal debut tahun ini di Samsung Galaxy Z Fold 5 nih!

Samsung Display terkenal handal dalam memproduksi layar. Anak perusahaan Samsung inilah yang pertama kali menelurkan layar AMOLED, OLED, dan bahkan teknologi layar lipat untuk smartphone.

Beberapa waktu lalu, Samsung Display sempat memamerkan beberapa prototipe teknologi layar terbaru di CES 2023. Salah satunya adalah model Flex Hybrid, teknologi layar yang bisa dilipat dan digulung ke dalam satu perangkat.

Baru-baru ini, Samsung Display kembali memamerkan engsel layar 360 derajat untuk ponsel foldable. Layar tersebut dinamakan dengan ‘Flex In & Out.’ Nah kira-kira seperti apa bentuknya? Yuk kita lihat.

Teknologi Engsel Layar 360 Derajat Samsung

Konsep engsel layar 360 derajat Samsung dibeberkan oleh situs The Verge. Situs tersebut mengunggah beberapa gambar yang menampilkan prototipe unik dari layar Samsung.

engsel layar 360 derajat
Gambar Oleh: The Verge

Jadi seperti yang bisa kamu pada gambar di atas. Flex In & Out adalah teknologi terbaru besutan Samsung yang memungkinkan engsel layar dilipat 360 derajat.

Untuk bisa mencapai titik itu, perangkat harus menampilkan desain ‘water-drop hinge/engsel tetesan air.’ Konsep engsel anyar ini akan membuat lipatan layar pada ponsel tidak terlalu terlihat. Selain itu engsel ini akan memungkinkan layar menekuk dalam bentuk yang lebih longgar.

Menariknya dengan beredarnya kabar ini, hal tersebut menunjukkan kalau Samsung kemungkinan bakal mendebutkan layar Flex In & Out ke Samsung Galaxy Z Fold 5 tahun ini. Kok bisa gitu?

Soalnya beberapa waktu lalu juga sempat beredar bocoran desain Samsung Galaxy Z Fold 5. Ponsel tersebut mengadopsi water-drop hinge. Kebetulan konsep engsel ini juga sesuai dengan mekanisme layar Flex In & Out.

engsel layar 360 derajat
Gambar Oleh: The Verge

Sebagai perbandingan, ponsel layar lipat Samsung saat ini menggunakan engsel berbentuk U. Engsel ini menciptakan lipatan menonjol pada layar, dan membuat layar tidak terlipat rata.

Baca Juga:  HP 5G Tercepat di Dunia 2022 Viral di Jagat Maya, iPhone Mendominasi!

Kalau rumor kali ini benar, ini akan jadi peningkatan yang signifikan terhadap Samsung Galaxy Z Fold 5. Samsung dipastikan bakal jadi vendor pertama yang berhasil mendebutkan ponsel layar lipat 360 derajat.

Dari segi pemakaian, konsep layar Flex In & Out yang digabungkan dengan water-drop hinge juga memberikan banyak manfaat ke pengguna.

Pertama, konsep tersebut bakal bikin lipatan layar nggak terlalu terlihat. So pasti tampilan layar ponsel pun bisa terlihat lebih mulus.

Kemudian yang kedua, konsep di atas bakal bikin layar ponsel jadi lebih kuat dan awet. Kenapa? Soalnya layar ponsel bisa terlipat dengan sempurna.

Ya tinggal kita tunggu aja nanti peluncuran Samsung Galaxy Z Fold 5. Apakah ponsel tersebut benar-benar akan pakai engsel layar 360 derajat atau nggak. Kalau jadwalnya sama seperti tahun lalu, harusnya sih Samsung Galaxy Z Fold 5 debut di paruh kedua tahun ini.


Kalau kamu ingin memberikan pertanyaan atau masukkan, silakan tulis di kolom komentar atau kirim  email  ke [email protected]