Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Desain Samsung Galaxy Z Fold 5 Terungkap, Bakal Usung Konsep Tetesan Air!

Leaker shoots down Galaxy Z Fold
Gambar Oleh: Samsung
Indri Penulis

Desain Samsung Galaxy Z Fold 5 terungkap di internet. Smartphone lipat ini bakal usung konsep tetesan air untuk meningkatkan daya tahan layar.

Samsung Galaxy Z Fold 4 rilis pada paruh kedua tahun 2022. Samsung Galaxy Z Fold 4 bisa dibilang sebagai ponsel layar lipat terbaik di tahun 2022. Kenapa?

Soalnya Samsung Galaxy Z Fold 4 berhasil menggabungkan kualitas build, kamera, perangkat lunak dan masa pakai baterai dengan baik. Walau begitu, bukan berarti ponsel ini nggak punya kekurangan.

Masalah engsel dan kerentanan layar masih menjadi momok mengerikan untuk Samsung. Tapi kabar bagusnya, sepertinya Samsung sudah menemukan solusi jitu dalam desain Samsung Galaxy Z Fold 5.

Bocoran Desain Samsung Galaxy Z Fold 5

Menurut situs asal Korea, Naver Korea, Samsung Galaxy Z Fold 5 akan mengusung engsel dengan konsep tetesan air. Itu artinya, ponsel layar lipat ini akan ‘bisa dilipat sepenuhnya.’

Btw, bedanya apa sih dengan ponsel layar lipat Samsung sebelumnya? Fyi, ponsel layar lipat Samsung sebelumnya mengusung konsep engsel berbentuk U. Jadi saat layar dilipat, kamu masih bisa melihat celah / lubang lipatan layar dari samping.

Tapi dengan menggunakan engsel tetesan air, semuanya berbeda. Layar akan terlipat dengan sempurna. Kamu juga tidak akan melihat celah di antara kedua bagian ponsel saat dilipat.

desain samsung galaxy z fold 5
Gambar Oleh: Naver Korea

Selain itu, layar bagian dalam Samsung Galaxy Z Fold 5 akan punya lipatan yang lebih halus. Ini adalah hal yang selama ini diminta oleh penggemar Samsung Galaxy Fold (lipatan layar ponsel Samsung selama ini sangat tebal).

Terus yang paling penting, konsep tetesan air bakal bikin layar lebih awet. Soalnya konsep engsel semacam ini diklaim bisa menahan lebih banyak aktivitas buka lipat layar selama masa pakainya.

Baca Juga:  Perbandingan Samsung Galaxy S23 dan Galaxy S22, Beli yang Mana?

Sebenarnya Samsung sudah mematenkan konsep layar tetesan air sejak tahun 2016, dan mematenkannya di tahun itu juga. Waktu itu, Samsung menamakan konsep tersebut dengan sebutan ‘dumbbell.’

Sayangnya, Samsung memutuskan untuk tidak membawa konsep tersebut ke ponsel layar lipatnya. Belum diketahui apa alasannya, tapi kabarnya sih karena konsep dumbbell dulu belum mendukung sertifikasi IPX8.

Di sisi lain, Samsung Galaxy Z Fold 5 diprediksi akan lebih tahan banting. Ia tidak hanya akan memiliki daya tahan engsel dan layar yang bagus. Tapi ia tetap akan menjadi ponsel layar lipat tahan air seperti pendahulunya.

Fitur ponsel yang tahan air jelas bikin produk besutan Samsung lebih unggul dibanding pesaingnya. Ponsel layar lipat lain seperti OPPO Find N 2, Xiaomi Mi MIX Fold 2, Huawei Mate Xs 2, dll, sampai sekarang belum ada yang dibekali fitur tahan air.

Satu-satunya yang masih jadi kelemahan ponsel layar lipat Samsung adalah ketahanannya terhadap debu. Semoga saja Samsung Galaxy Z Fold 5 menyuguhkan kejutan, yakni bisa tahan terhadap debu.


Kalau kamu ingin memberikan pertanyaan atau masukkan, silakan tulis di kolom komentar atau kirim  email  ke [email protected]