Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Samsung Pamer Layar Geser 17 inci yang Dirancang Buat PC

Indri Penulis

Samsung pamerkan layar geser 17 inci yang dirancang khusus untuk PC. Seperti apa desain layar tersebut? Kamu bisa simak dalam ulasan berikut.

Teknologi layar terbaru itu diumumkan Samsung dalam acara Innovation Day 2022 yang diselenggarakan Intel beberapa waktu lalu. Teknologi layar ini diumumkan langsung oleh CEO Samsung Display, JS Choi.

Sebenarnya ini bukan konsep baru sih. Karena konsep serupa sebelumnya sudah pernah dipakai LG, tepatnya pada ponsel tidak akan pernah mereka rilis yakni LG Rollable.

Selain itu, Samsung di tahun 2021 juga sudah sempat membocorkan konsep layar gesernya itu. Waktu pertama kali diperkenalkan, konsep tersebut dinamakan ‘Slidable Flex.’ Sayangnya waktu itu Samsung hanya merilis poster Slidable Flex saja, jadi kami belum punya gambaran jelas soal cara kerja layar tersebut.

layar geser samsung

Lalu apa yang spesial dari layar geser berukuran 17 inci ini? Pada dasarnya, prototipe layar ini memungkinkan pengguna mengubah panel 13 inci menjadi layar 17 inci yang jauh lebih besar ‘hanya dengan menariknya.’ Saat pengguna menarik engsel layar ke samping, maka bagian layar yang ada di dalam akan keluar dan ukuran panel jadi lebih lebar dari sebelumnya.

Di sisi lain dalam beberapa tahun terakhir, sudah ada beberapa produsen yang mengadopsi laptop layar lipat. Contohnya seperti laptop Lenovo ThinkPad X1 Fold dan ASUS Zenbook 17 Fold OLED.

Menariknya di saat beberapa produsen mulai beralih menciptakan laptop layar lipat, Samsung Display sebagai produsen layar terkemuka di dunia justru menganggap kalau layar lipat sudah ‘kuno.’ Makanya mereka mengenalkan teknologi layar geser.

Sayangnya dalam pengumumannya Samsung belum membeberkan kapan layar gesernya itu akan debut di produk asli. Tapi mau kapanpun layar tersebut debut, diprediksi akan ada beberapa tantangan yang perlu dihadapi produsen dengan tampilan seperti itu.

Baca Juga:  Samsung Galaxy A13 & A23 Hadirkan Spesifikasi yang Hampir Mirip

Teknologi layar geser Samsung mungkin bisa bekerja dengan baik untuk tablet. Tapi beda ceritanya kalau layar tersebut diterapkan pada laptop atau PC. Gimana menurutmu?