Samsung Resmi Memperkenalkan Prosesor Baru 5G Exynos 980

Pada tanggal 4 September 2019, Samsung resmi kenalkan prosesor ponsel terbarunya. Prosesor Samsung ini adalah Exynos 980 yang mendukung jaringan 5G.

Prosesor tersebut menggabungkan konektivitas terbaik di kelasnya. Prosesor tersebut menggabungkan konektivitas terbaik di kelasnya dengan modem 5G, serta intelligent processing dalam satu chip.

β€œDengan Exynos 980 yang terintegrasi 5G, Samsung membuat 5G lebih mudah diakses oleh pengguna,” kata Ben Hur, wakil presiden pemasaran Sistem LSI Samsung Elektronik.

Prosesor 5G Samsung Exynos 980

Exynos 980 menggunakan teknologi FitFET 8-nanometer (nm) yang canggih. Ini adalah prosesor mobile AI pertama Samsung yang terintegrasi dengan modem 5G.

Samsung memang sengaja menggabungkan prosesor Exynos dengan modem 5G. Hal ini menjadikan Exynos 980 dapat mengurangi konsumsi daya, dan meningkatkan efisiensi ruang dalam perangkat.

Prosesor ini juga mendukung jaringan 5G ke 2G. Exynos 980 memberikan kecepatan downlink gigabit super cepat dalam 4G LTE, hingga 2,55-gigabit per detik (Gbps) di sub-6-gigahertz (GHz) 5G.

Modem ini juga mendukung E-UTRA-NR Dual Connectivity (EN-DC). Teknologi ini menggabungkan konektivitas 2CC LTE dan 5G untuk memaksimalkan kecepatan downlink hingga 3,55Gbps.

Tidak hanya itu, prosesor ini juga mendukung standar Wi-Fi 6 yang baru, IEEE 802.11ax. Dengan CPU dan GPU tangguh, prosesor ini mampu menjalankan banyak aplikasi.

Selain itu, prosesor tersebut juga diklaim mampu menjalankan desain UX yang rumit. Exynos 980 juga bisa menampilkan game resolusi tinggi dengan baik.

Prosesor ini mengemas 2 core CPU Cortex-A77 dengan 6 core Cortex-A55. Prosesor dapat memberi daya komputasi lebih cepat dan kompleks. Exynos juga dilengkapi dengan GPU Mali-G76 terbaik.

Salah satu teknologi yang diterapkan dalam prosesor ini adalah NPU. Teknologi ini mampu meningkatkan kinerja hingga 2,7 kali dibanding pendahulunya.

NPU juga memungkinkan AI diproses langsung, dan menjamin keamanan data dengan baik. NPU juga bisa menambah fitur tambahan ke aplikasi seperti smart camera, filter konten, dll.

Untuk fotografi, prosesor ini menyajikan kamera dengan resolusi sampai 108MP. Ada pula pengolah ISP dengan dukungan 5 sensor individu, serta bisa memproses sampai 3 multi-camera.

Kamera bertenaga AI ini mampu mendeteksi dan memahami kegiatan objek. Setelah itu, kamera akan melakukan penyesuaian secara optimal pada pengaturan.

Untuk pengalaman multimedia, multi-format codec (MFC) Exynos mendukung encoding dan decoding. Hal ini berlaku pada video 4K UHD pada 120 fps.

Tidak hanya itu, ada pula dukungan HDR10 + dengan pemetaan dinamis. Hal ini membuat warna video menjadi lebih detail dan terang.

Samsung belum membeberkan tanggal pasti perilisan. Namun perusahaan asal Korea Selatan itu menyatakan bahwa prosesor ini mulai diproduksi massal akhir tahun 2019.