Samsung Umumkan 2 Monitor Gaming Terbaru dengan Layar Melengkung

Samsung telah mengumumkan dua monitor gaming terbaru. Kedua monitor gaming tersebut adalah Samsung Odyssey G9 dan Odyssey G7.

Acara CES 2020 memang belum dimulai. Tapi Samsung telah memulai start dengan mengenalkan sepasang monitor gaming QLED terbaru.

Monitor pertama yang dikenalkan perusahaan asal Korea Selatan itu adalah Samsung Odyssey G9. Sedangkan monitor kedua adalah Samsung Odyssey G7.

Baik Odyssey G9  dan Odyssey G7, mereka berdua memiliki fitur baru yang siap memanjakan gamer. Nah, kira-kira seperti apa penampakan monitor gaming tersebut? Yuk, simak ulasan lengkapnya.

Sumber Gambar : The Verge

Monitor Gaming Terbaru Samsung

Samsung Odyssey G9

Samsung Odyssey G9 bukanlah monitor dengan layar melengkung yang pertama. Selain itu, Odyssey G9 juga bukan monitor 49 inci pertama.

Namun Odyssey G9 memiliki peningkatan spesifikasi di hampir semua hal. Dua hal yang tidak berubah dari pendahulunya yakni dalam hal resolusi 5120×1440 dan peringkat HDR1000.

Di sisi lain, Odyssey G9 menawarkan kecepatan refresh dua kali lebih cepat yakni 240Hz. Selain itu, monitor ini punya waktu respon 1 ms lebih cepat.

Odyssey G9 juga didukung oleh AMD FreeSync 2. Tidak hanya itu, monitor gaming ini bahkan kompatibel dengan NVIDIA G-Sync yang baru.

Sumber Gambar : The Verge

Ada yang menarik dari Odyssey G9. Ternyata monitor ini adalah layar Samsung pertama dengan kurva 1000R. Hal tersebut membuat Odyssey G9 punya bidang pandang hampir sama dengan mata manusia.

Sedangkan monitor lain biasanya hanya punya kurva 4000R sampai 1800R. Perlu diketahui, semakin kecil angka kurva, maka semakin luas pula bidang pandangnya.

Itu artinya, kurva milik G9 49 inci lebih banyak dibanding monitor lain. Bahkan G9 49 inci mampu menyaingi monitor gaming lain seperti CRG9 (memiliki kurva 1800R).

Oya, sebagai monitor gaming, bagian belakang Odyssey G9 menampilkan lampu biru yang besar. Jika diamati, lampu biru ini terlihat seperti salah satu reaktor busur Iron Man yang tersisa.

Sumber Gambar : The Verge

Samsung Odyssey G7

Bersamaan dengan Odyssey G9, Samsung juga memperkenalkan Odyssey G7. Ini adalah monitor berukuran 16: 9 2560×1440 yang lebih kecil.

Monitor ini hadir dalam dua ukuran, yakni 32 inci dan 27 inci. Layaknya Odyssey G9, Odyssey G7 juga punya kurva 1000R. Itu artinya, bidang pandang monitor ini sangat luas.

Odyssey G7 mengandalkan teknologi QLED Samsung. Selain itu, monitor ini memiliki refresh rate 240Hz, waktu respon 1 ms, serta didukung FreeSync 2 dan G-Sync.

Selain masalah ukuran, ada hal lain yang membedakan G7 dan G9, yakni pada dukungan HDR. G7 hanya didukung HDR600, sedangkan G9 mendukung HDR1000.

Hingga kini Samsung belum mengumumkan harga atau tanggal rilis kedua monitor tersebut. Tapi jika dilihat dari harga CRG9 ($1299,99), kemungkinan G9 dan G7 tidak akan murah.

%d blogger menyukai ini: