Zenbook 14 M3400 banner
Zenbook 14 M3400 banner
Zenbook 14 M3400 banner

Samsung Umumkan  Sensor Kamera 64MP Terbaru 

Baru-baru ini, Samsung tengah menghadirkan sebuah inovasi baru untuk kamera smartphone. Yaitu sensor kamera 64MP yang diberi nama ISOCELL Bright GW1.

Ternyata bukan hanya itu saja. Bersamaan dengan hal tersebut, Samsung juga turut mengumumkan sensor kamera 48MP dengn nama ISOCELL Bright GM2. Sensor kamera 48MP ini merupakan hasil pembaruan dari sensor sebelumnya.

popculture.id

Sensor 48MP kini semakin banyak ditemukan di seluruh bagian smartphone. Terutama sejak Sony merilisnya. Tentu saja, hal ini memicu persaingan ke tingkat lebih lanjut.

Sensor kamera 64MP terbaru dari Samsung ini menghadirkan teknologi pengikatan Tetracell dan algoritma remosaic. Teknologi ini akan menggabungkan empat piksel kamera menjadi satu.

Hal ini akan mendorong keluar gambar 16MP ketika berada dalam keadaan minim cahaya. Bukan hanya itu saja. Pada kondisi cahaya cerah, sensor ini bisa menghasilkan gambar 64MP dengan tingkat detil yang tinggi.

Foto: Samsung

Samsung juga menyebutkan kalau sensor GW1 mendukung beberapa inovasi teknologi. Teknologi yang meningkatkan kemampuan perekaman gambar.

Ada teknologi HDR real-time sampai 100-decibel (dB). Sebagai perbandingan, sensor biasa memiliki rentang sekitar 60dB, sedang mata manusia memiliki rentang sekitar 120dB.

Lalu ada teknologi Dual Conversion Gain (DCG) yang mengubah cahaya menjadi sinyal elektrik sesuai kondisi pencahayaan. Hal ini memungkinkan sensor menangkap cahaya lebih efisien, terutama di kondisi cerah.

Selain itu ada pula teknologi teknologi Super PD yang merupakan versi phase detection autofocus tingkat tinggi. Teknologi ini akan memberikan kemudahan mencari fokus lebih cepat dan bisa melakukan perekaman video full HD pada 480 fps. Artinya, kalian akan lebih leluasa dalam membuat sebuah video slow motion.  

Foto: Samsung

Samsung menyatakan kalau sensor 48MP ISOCELL BRIGHT GM2 juga membawa teknologi yang sama. Termasuk teknologi Tetracell, algoritma remosaic, dan juga mengadaptasi DCG dan Super PD.

Untuk sementara ini, Samsung ISOCELL Bright GW1 dan GM2  tengah dalam masa uji coba dan diperkirakan akan mulai diproduksi masal pada pertengahan tahun ini.

    %d blogger menyukai ini: