Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner

Sensor Kamera Sony Terbaru Jadi Yang Terbesar Untuk Smartphone

kamera sony xperia xz2 premium
Anom Penulis

Sony mengumumkan sensor kamera CMOS terbaru, IMX586, untuk smartphone. Dengan resolusi efektif sebesar 48 megapixel, saat ini sensor kamera Sony tersebut menjadi yang terbesar di industri smartphone.

Sony menyebutkan kalau sensor IMX586 memiliki ukuran pixel ultra-ringkas, hanya sebesar 0,8µm. Dengan begitu resolusi pixel yang lebih tinggi bisa dicapai di sensor tipe 1/2 yang memiliki panjang diagonal hanya 0,8mm. Sangat ideal untuk smartphone. Resolusi efektif 48 MP itu bisa menghasilkan gambar berukuran sekitar 8000×6000 pixel.

popculture.id

Tapi ukuran megapixel bukanlah ukuran untuk menghasilkan foto berkualitas. Untuk itu Sony mengadaptasi teknologi Quad Bayer color filter. Teknologi ini bisa meningkatkan sensitivitas sensor, misalnya dalam kondisi low light, dan menghasilkan foto yang lebih cerah dengan noise yang lebih sedikit.

contoh hasil sensor kamera sony imx586
Perbandingan hasil sensor kamera Sony IMX586 (foto: Sony)

Sony juga menyebutkan bahwa sensor kamera ini juga bisa menangkap dynamic range — intensitas cahaya dari yang paling gelap sampai paling terang — dengan lebih baik. Dengan begitu, detil gambar bisa tertangkap baik dan mengurangi highlight blowout — warna putih flat — karena cahaya terang.

Sensor kamera Sony terbaru ini rencananya akan mulai beredar pada bulan September 2018. Dengan begitu, kita bisa melihat teknologi ini hadir di berbagai smartphone baru di tahun depan. Sekedar informasi, banyak merk smartphone menggunakan sensor kamera Sony. Misalnya: OnePlus 6, Xiaomi Mi 8, Xiaomi Mi Mix 2s, ASUS Zenfone 5 dan 5Z, Vivo Nex, dll.

Sensor kamera berukuran besar ini sebenarnya memang bukan cerita baru. Dulu, Nokia dengan sistem PureView menghadirkannya pertama kali di Nokia 808 dan disusul di Nokia Lumia 1020. Sistem ini mempopulerkan jargon “foto dulu, crop kemudian” sebagai alternatif penggunaan zoom.

Saat ini, sensor kamera dengan hasil 40 megapixel dimiliki oleh Huawei P20 Pro. Sensor ini dan teknologi kamera Huawei membuatnya menjadi handphone dengan kamera terbaik saat ini (versi Dx0mark).

Secara teori, sensor kamera Sony IMX 586 ini memiliki kemampuan lebih tinggi. Namun tentu saja, hasilnya tetap kembali pada bagaimana produsen handphone mengembangkan teknologi kamera dan sistem pengolah gambar. Namun jelas, kehadiran sensor ini akan membuat kamera handphone tahun depan jadi lebih menarik. Bukankah begitu?

    %d blogger menyukai ini: