Samsung Umumkan Smartphone Galaxy A90 5G Yang Menggoda

Samsung Galaxy A90 5G
gambar: Samsung

Pada tanggal 3 September 2019, Samsung mengumumkan smartphone Galaxy A90 5G secara resmi. Smartphone ini menjadi produk yang unik, karena memiliki spesifikasi tinggi walau di kelas menengah.

Galaxy A90 5G menjadi anggota baru di ponsel seri A. Lini ponsel yang kelasnya ada di bawah seri Galaxy S dan Note. Jadi sebenarnya, beberapa spesifikasi di seri ini pun tidak secanggih Galaxy S dan Note.

Keunikan Kelas Premium

Ada dua hal yang menonjol dari ponsel ini. Yang pertama tentu saja tambahan “5G” di namanya. Sejauh ini, ponsel yang mendukung koneksi 5G selalu berasal dari kelas premium. Inilah yang membuat Galaxy A90 5G berbeda.

Rumor sebelum ini menyebutkan kalau ponsel ini akan memakai chipset Snapdragon 855. Rumor itu benar. Smartphone ini memakai chipset yang biasanya dipakai di ponsel kelas premium, seperti Galaxy S dan Note. Chipset itulah yang memungkinkan dukungan untuk koneksi 5G. Di dalamnya, terdapat modem Snapdragon X50 5G dan Qualcomm RF-Front-End.

samsung galaxy A90 5G warna putih
Varian warna putih (gambar: Samsung)

Selain itu, ponsel ini juga mendukung fitur Samsung DeX. Fitur ini memungkinkan kita menggunakan ponsel di monitor atau di komputer, baik Windows maupun Mac.

Fitur-fitur tersebutlah yang membuat Samsung Galaxy A90 5G berbeda dari lini seri A lainnya.

Spesifikasi Umum Galaxy A90 5G

Selain beberapa fitur di atas, penampilan dan spesifikasi ponsel ini masih senada dengan ponsel seri A lainnya. Seperti layar Super AMOLED 6,7 inci berkualitas FHD+ yang menggunakan desain Infinity-U, bukan Infinity-O seperti kelas premium.

Tapi tetap saja ponsel ini menggoda. Ada pilihan RAM 6GB dan 8GB, kapasitas penyimpanan 128GB dengan dukungan microSD (sampai 512GB untuk varian 6GB), baterainya 4500 mAh dengan super fast charging 25W, dan ada sensor sidik jari di layar.

Di bagian kamera, juga “cukup” biasa. Ada konfigurasi 3 kamera di belakang, yaitu: Utama 48MP, ultra-wide 8MP, dan depth sensor 5MP. Di depan, ada kamera selfie sebesar 32MP.

spesifikasi samsung galaxy a90 5g
Spesifikasi lengkap

Kalau kita kesampingkan soal koneksi 5G, spesifikasi Samsung Galaxy A90 5G ini bisa bersaing dengan ponsel “flagship killer” seperti Xiaomi Mi 9T Pro alias Redmi K20 Pro. Tapi tentu saja, belum semua negara mendukung jaringan 5G. Ponsel ini segera hadir di Korea Selatan, dan Samsung belum memberi informasi harga atau rilis di lokasi lain.