Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner

KEREN ABIS! Samsung Bakal Luncurkan Sensor Kamera 600MP

Siap saingi mata manusia nih!

Indri Penulis

Ada kabar menggemparkan dari Samsung nih. Samsung rencananya bakal meluncurkan sensor kamera 600MP. Wah, bakal sehebat apa sensor tersebut?

Samsung telah membuat langkah besar dalam kemampuan sensor kamera. Tahun lalu, perusahaan asal Korea Selatan ini mengumumkan modul sensor kamera 64MP untuk smartphone.

popculture.id

Lanjut setelahnya, Samsung kembali mengumumkan sensor kamera 108MP andalannya. Sensor ini dipakai dalam rangkaian Samsung Galaxy S20 Ultra.

Sekarang, perusahaan mengatakan kalau mereka bakal meluncurkan sensor yang lebih besar. Sebesar apa sih sensor kamera yang bakal diluncurkan oleh Samsung?

Samsung Siap Luncurkan Sensor Kamera 600MP

Yongin Park, EVP, Kepala Tim Sensor Bisnis, System LSI Business, mengatakan dalam sebuah artikel di website Samsung. Yongin mengatakan kalau mata manusia memiliki resolusi sekitar 500MP.

Sebagai perbandingan, kebanyakan kamera DSLR atau ponsel modern biasanya menawarkan sensor 40MP dan 12MP. Tapi sensor tersebut masih jauh dari kemampuan mata manusia.

Sumber Gambar : Sparrows News

Oleh karena itu, perusahaan punya rencana untuk mengembangkan sensor kamera dengan resolusi tertinggi. Berapa itu? Tidak tanggung-tanggung, resolusinya adalah 600MP. WOW!

Meski keren, tapi sebenarnya cukup sulit untuk menyeimbangkan antara resolusi dan ukuran piksel. Karena piksel yang lebih kecil justru dapat mengurangi kualitas gambar lho.

Samsung rupanya telah mengembangkan teknologi penangkal piksel yang canggih. Sensor 64MP-nya memakai binning 2 x 2 piksel. Sedangkan sensor 108MP-nya memakai binning 3 x 3 piksel.

Teknologi di atas bakal meningkatkan penyerapan cahaya, serta mengurangi masalah cahaya rendah. Nah, kabarnya teknologi itu juga bakal dipakai di sensor 600MP.

Yongin juga mengatakan kalau mayoritas kamera sekarang ini cuma bisa mengambil gambar yang terlihat oleh mata manusia. Yah, kira-kira panjang gelombangnya antara 450nm dan 750nm.

Sementara sensor yang bisa mendeteksi panjang gelombang cahaya di luar kisaran itu masih sulit didapat. Padahal sensor yang bisa menangkap sinar ultraviolet atau gelombang infra merah sangat penting. Khususnya buat bidang pertanian dan medis.

Sayangnya, Samsung mengatakan kalau sensor 600MP miliknya bukan ditujukan untuk smartphone. Tapi bakal dipakai ke perangkat lain seperti mobil pintar.

Sementara untuk smartphone, Samsung bakal meluncurkan sensor Nonacell 150MP. Ini bakal menjadi sensor tertinggi yang pernah dimiliki oleh smartphone.

    %d blogger menyukai ini: