Sensor Terbaru Samsung ISOCELL JN1 Bisa Hilangkan Benjolan Kamera

Samsung akhirnya resmi umumkan sensor anyar bernama ISOCELL JN1. Sensor ini diklaim mampu mengurangi benjolan pada kamera.

Ada yang unik dari sensor Samsung ISOCELL JN1 ini. Dia adalah sensor dengan ukuran piksel terkecil dari semua sensor smartphone 50MP yang pernah ada, dan diklaim mampu mengurangi benjolan kamera yang ada pada mayoritas ponsel masa kini.

Samsung ISOCELL JN1 merupakan sensor 50MP dengan ukuran1/2,76 inci dan piksel 0.64 mikron.  Samsung mengatakan bahwa sensor ini mampu meningkatkan sensitivitas cahaya hingga 16%.

samsung isocell jn1
Sumber : SAMMOBILE

Sensor anyar ini juga mampu memakai binning piksel 4-in-1 (menghasilkan piksel 1,28 mikron), untuk menghasilkan gambar 12,5MP. Bila semuanya dikombinasikan, hasil akhirnya adalah gambar lebih cerah bahkan meski dalam tempat redup.

Kalau dalam perekaman video, ISOCELL JN1 mampu merekam video 4K 60fps dan video slow-motion pada 240fps.

Untuk fitur lainnya, sensor ini dibekali fitur Double Super PDAF, dengan 2x kerapatan piksel yang dipakai buat phase detection autofocus dalam sistem Super PDAF. Fitur ini membuat sensor dapat secara akurat fokus pada subjek bahkan dalam suasana gelap sekali pun.

samsung isocell jn1
Sumber : SAMMOBILE

Kalau dilihat dari spesifikasi dan fitur yang ditawarkannya, ISOCELL JN1 jelas bukan sensor flagship. Bahkan ISOCELL JN1 lebih kecil dibanding ISOCELL 48MP biasa seperti ISOCELL GM1 dan GM2, yang ada di ponsel kelas menengah.

Jadi mungkin sesuai rumor sebelumnya, sensor ini bakal dipakai ke ponsel entry-level (untuk mungkin mid-range). Sensor ini juga bisa jadi bakal dipakai buat kamera depan ponsel flagship.

%d blogger menyukai ini: