Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Rumor! Samsung Galaxy S22 dan S22+ Pakai Kamera Utama 50MP

Indri Penulis

Ada rumor yang mengatakan bahwa Samsung Galaxy S22 dan S22+ akan pakai kamera utama 50MP. Jadi maksudnya, turun kelas nih?

Buat jajaran smartphone flagship, salah satu hal (selain performanya) utama yang sering dilirik calon pembeli adalah spesifikasi kameranya. Kebanyakan orang beranggapan bahwa ponsel flagship akan menyajikan kamera ber-megapiksel gedhe dibanding model di bawahnya.

Tapi bagaimana dengan jajaran ponsel flagship Samsung? Katakanlah seperti Samsung Galaxy S21 dan S21+, dua ponsel ini menggunakan kamera yang sama seperti pendahulunya Galaxy S20 dan S20+.

Namun sepertinya, hal tersebut tak akan lagi terulang pada jajaran Samsung Galaxy S22 dan S22+. Lho maksudnya?

Kita flashback ke Galaxy S20 dan S21 yang menampilkan modul utama 12MP dengan piksel besar + 64MP untuk memperbesar (zooming). Piksel besar di kamera utama memungkinkan bidikan malam berkualitas tinggi, sedangkan modul beresolusi tinggi bakal menyajikan opsi bidikan resolusi penuh tanpa zoom dan bisa merekam video 8K.

kamera samsung galaxy s22+
[Kamera Samsung Galaxy S21 dan S21+] – Sumber : GSMArena

Nah kalau di Samsung Galaxy S22 dan S22+, semua bakal berbeda guys. Mereka berdua bakal punya kamera utama 50MP, modul telephoto 12MP, lensa zoom optic 3x dan kamera ultrawide 12MP.

Lalu apa artinya ini? Apakah Samsung tak ingin pakai kamera dengan piksel besar lagi? Bukan.. Bukan begitu [mungkin].

Samsung sebenarnya telah memiliki sensor besar yakni ISOCELL GN1 50MP dengan piksel asli 1µm (yang bisa berkembang menjadi 2,8µm dengan binning). Sensor ini mampu merekam video 8K dan bisa beroperasi dalam mode 100MP.

Tapi ya belum pasti, apakah Galaxy S22 dan S22+ benar-benar pakai “sensor yang itu” atau tidak. Sebab pengumuman Galaxy S22 Series masih cukup lama. Siapa tahu di rentang waktu itu, Samsung akan meluncurkan sensor GN generasi terbaru – dan mungkin bakal dipakai ke Galaxy S22 serta S22+ – .

Baca Juga:  Rumor: Ponsel Samsung Galaxy Fold Versi Lama Kebagian Android 12L

Selain itu, ini juga baru rumor. Bisa beneran jadi kenyataan atau sebaliknya. Tapi kalau gosip kali ini benar, itu artinya Galaxy S22 dan S22+ bakal kehilangan kamera periskop lagi (sekarang kamera periskop cuma dipasang di model Ultra).

Gosip soal perubahan kamera pada jajaran Galaxy S22 Series bukan pertama kali ini berhembus. Sebelumnya, seri ini kabarnya juga tak akan memakai sensor 3D ToF.

Hoho.. Sepertinya Samsung tengah berjuang merombak modul kamera di ponsel flagship-nya nih.